[Karawang] [Nasional] Gus Dur Bersedia Komunikasi dengan Megawati - Redaksi Gus Dur Net

karawang@polarhome.com karawang@polarhome.com
Sun Sep 29 00:12:12 2002

Diskusi bebas untuk semua orang yang mempunyai perhatian terhadap
eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia.
BERSATU KITA TEGUH, BERCERAI KITA RUNTUH
Posting yang kami rubah kedalam format Text/Plain.
Dengan harapan untuk selanjutnya yang bersangkutan
mengikuti aturan dimilis Nasional.
Datum: Sun, 29 Sep 2002 00:56:27 +0700
Von: "Redaksi Gus Dur Net" <redaksi@gusdur.net>

Gus Dur Bersedia Komunikasi dengan Megawati

Karawang, gusdur.net
Ketua Dewan Syuro DPP PKB, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menyatakan dirinya
bersedia berkomunikasi dengan Presiden Megawati, jika bertujuan untuk
kepentingan bangsa dan negara.

"Kalau untuk urusan negara dan bangsa kita, dimana Megawati sekarang terlihat
amburadul ngurusi negara, saya minta seorang yang bisa menjadi penghubung atau
menjadi jembatan," kata Gus Dur di depan ribuan Nahdliyin di Aula Masjid
Al-Jihad, Karawang, Sabtu (28/9) siang.

Gus Dur mengungkapkan dirinya telah bertemu dengan utusan Megawati itu. Kepada
utusan itu, Gus Dur berkata, "Segala macam masalah bangsa yang menjadi pikiran
Megawati, silahkan sampaikan pada saya, saya akan jawab dengan jujur. Kalau
Megawati mau gunakan, silahkan, kalau tidak ya terserah Megawati!"

Namun Gus Dur tetap berpendirian, tidak akan bertemu dengan Megawati dan ketua
umum partai lain yang mendukung Sidang Istimewa MPR 2001, karena dinilainya
melanggar UUD 45.

"Menurut Islam, kita harus dapat berdamai dengan siapapun. Kesalahan kepada
saya, telah saya maafkan, tetapi kepada Undang-Undang Dasar 45 nggak bisa, saya
tidak mau bertemu," ujar Presiden RI ke 4 ini.

Dalam kesempatan itu, Gus Dur juga menyampaikan bahwa konflik PKB telah
terselesaikan. Menurutnya PKB pimpinan Matori Abdul Djalil sudah kalah di
pengadilan. Kita sudah menunjukkan kemenangan dalam segala-galanya terhadap PKB
Matori.
Tetapi, Ia berharap, Matori jangan sampai lepas dari PKB. "Tetapi jadi anggota
saja. Karena lahirnya PKB, Pak Matori ikut mikir, jasanya ada juga dikit-dikit,"
seloroh Gus Dur.