Subject: [Nusantara] TATA RUANG DAN SPIRIT DEMOKRASI

From: "Tangkisan Letug" <[email-masked]>
Date: Sun Dec 1 10:24:01 2002

TATA RUANG DAN SPIRIT DEMOKRASI
Oleh Tangkisan Letug

Kutulis ini seperti mercon yang hampir meledak di otakku.
Kulama mengamati, kulama mengikuti meski hanya jauh, ya
jauh aku berdiri dari hiruk pikuk demokrasi negeri.

Kau lihat, gedung senayan yang bulat?
Kau ingat, rapat-rapat para elit di ruang ketat?
Kau mungkin ada di antara para politisi yang rajin pidato,
ya pidato tentang demokrasi, tentang korupsi, tentang reformasi.
Mereka berdemokrasi tetapi lupa ruang pun butuh demokrasi.
Bila rapat-rapat penting tingkat nasional, bahkan sidang-sidang tingkat 
parlemen, lucu rasanya mereka tidak saling menatap mendengar dan bertukar 
pikiran. Lucu rasanya satu sama lain berbaris seperti di sebuah kereta. 
Lalu, sang pemimpin sidang atau rapat dengan rileksnya bertahta di 
singgasana paling depan, bak raja di raja meski hanya satu dua tiga jam 
saja.

Demokrasi butuh tata ruang kawan. Demokrasi butuh perubahan ruang. Tata 
ruang yang demokratis akan melahirkan spirit demokrasi.

Aku mengimpikan, suatu ketika tata ruang hipokrasi (kumaksudkan krasi yang 
dibuat pura-pura demokrasi) di senayan itu sirna. Percuma saja dari fisik 
luar tertampang bundar megah, tetapi di dalam tersaji ruang bandar lelang 
sapi perah. Tata ruang bagi demokrasi adalah panggung teater, di mana semua 
peserta menjadi aktornya. Tontonlah gedung senat demokrasi, semua hadirin 
tidak belakang-membelakangi, tetapi berhadapan muka, bertatapan pandang siap 
adu argumentasi. Siapa yang sembunyi seperti tikus lari-lari akan ditangkap 
basah oleh setiap diri.

Tata ruang demokrasi itu adalah jiwa lengkung luas menyambut setiap 
pikir-pandang argumentasi. Tata ruang anti-demokrasi adalah dua-arah, 
pemimpin sidang dan peserta, tiada ruang penyambut dari arah yang berbeda. 
Tata ruang demokrasi bukan kelas kuliah. Tata ruang demokrasi adalah ibu 
bagi kelahiran pikiran anak-anak negeri.

Kemuakanku ingin meledak kawan, membongkar setiap tata otoritarian 
diabadikan.

Entah, kuharap kau mengerti. Spirit demokrasi hanya akan digiring ke bui, 
tatkala tiada ruang memadai.

November 2002

_________________________________________________________________
Tired of spam? Get advanced junk mail protection with MSN 8. 
http://join.msn.com/?page=features/junkmail