Subject: [Nusantara] "He-Man" <fokus@bdg : Presiden Filipina Akan Tuntut Pelaku Pelecehan terhadap Pe

From: "Ra Penak" <[email-masked]>
Date: Thu Sep 12 13:48:24 2002

"He-Man" <fokus@bdg : Presiden Filipina Akan Tuntut Pelaku Pelecehan 
terhadap Pekerjanya
8 Sep 2002 18:47:16 +0700

Presiden Filipina Akan Tuntut Pelaku Pelecehan terhadap Pekerjanya
7 Sep 2002 13:19:9 WIB

TEMPO Interaktif, Manila: Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo menjamin
akan melakukan upaya hukum untuk menyeret pelaku pelecehan seksual terhadap
pekerja ilegal Filipina yang diusir dari Malaysia. Ia juga meminta
masyarakatnya bersatu untuk membantu nasib mereka. "Ini sangat penting bagi
kita untuk bersatu menyelesaikan masalah ini," tegas Arroyo seperti dikutip
dari AFP, Sabtu (7/9).

Arroyo menyatakan, pihaknya tidak akan menyalahkan pemerintah Malaysia atas
kasus itu, termasuk adanya kasus perkosaan terhadap pekerjanya yang berusia
13 tahun itu. Dia malah memuji langkah yang diambil Perdana Menteri Malaysia
Mahathir Muhammad untuk sementara menghentikan sementara pengusiran terhadap
pekerjanya.

Arroyo menambahkan, pemerintahannya juga akan terus mengurusi dan membantu
mempersiapkan dokumen resmi agar para pekerjanya dapat bekerja kembali di
Malaysia. "Mengenai kerja sama ketenagakerjaan dengan Malaysia juga kita
akan jajaki," katanya. Sebab, para pekerja ini telah memberikan konstribusi
yang besar kepada pemerintah Filipina.

Selanjutnya, kata Arroyo, Filipina akan memokuskan perhatian pada bagaimana
melindungi para pekerja yang kembali. "Dan juga bagi yang masih berada di
Sabah, kita upayakan perlindungan hukum terhadap mereka," ujarnya yang juga
telah meminta kepada seluruh masyarakat Filipina untuk memberikan bantuan
dana kepada mereka.

Hingga saat ini, pihak Departemen Luar Negeri Filipina masih terus
mengumpulkan bukti-bukti dari korban pelecehan di Malaysia. Beberapa
usahanya, antara lain, pihak Konsuler Filipina telah mengajukan izin untuk
dapat mengunjungi pusat penampungan untuk memberikan bantuan hukum.
Departemen Luar Negeri Filipina juga meminta kepada Malaysia agar fasilitas
di penampungan ditingkatkan.

Dilaporkan, saat ini Mahathir telah memerintahkan kepada aparatnya untuk
melakukan penyelidikan atas kasus pelecehan seksual ini. Menurut delegasi
Pemerintah Filipina yang mengunjungi pusat penampungan, pemerintah Malaysia
telah meningkatkan dukungan dan kinerja aparatnya untuk mengungkap kasus
ini. (Erdian Dharmaputra)

_________________________________________________________________
Send and receive Hotmail on your mobile device: http://mobile.msn.com