Subject: [Nusantara] "Olga nebo Sylvie Gondokusumo" <olga-sylvie@vo...>Re: Partycracy, Desentralisasi

From: "INFO PRAKTIS-KOMPUTER" <[email-masked]>
Date: Wed Sep 4 09:54:08 2002

"Olga nebo Sylvie Gondokusumo" <olga-sylvie@vo...>Re: Partycracy, 
Desentralisasi dan Distrikisasi Politik
2 Sep 2002 22:41:54 +0200

Bung Indra JP yb.,
kiranya kita tidak perlu benar menderita "partyphobia", karena
bagaimana
sih kehidupan politik sebuah negara dapat berjalan tanpa parpol? Tentu
yang serba demokratis, ethist, HAM- heavy, Civic Liberties -heavy, dll
etc.

Ketika Republik Ceko dilanda banjir seabad baru-baru ini, ada karikatur
di sk kiri indepen bacaan saya Právo, dengan text sbb.: "Hai
teman-teman,
ayo kita melihat ditempat-tempat yg kena air bah, katanya disana ada
solidaritas, tolong menolong, sopan santun. Ayo donk cepat, sebelum
disana datang para politisi!".

Sama saja, kesan demikian ada di RI yg berubah sistem politiknya 1998,
dan di Ceko yg ber "Revolusi Beludru" tahun 1989!

Namun sekarang dalam menanggulangi akibat bencana alam yg
menelan nilai sebanyak sekitar 30 billion USD itu, sangat banyak untuk
negeri kecil walau industrial spt ini, apa yg saya lihat?

Ada kerjasama patut dicontoh antara NEGARA, terutama jajaran
eksekutif namun juga legislatif (banyak UU baru yg dicetak, tidak
berkelahi di DPR ttg ABPN, dll), CIVIL SOCIETY (ribuan ornop,
serta civil initiatives) yang "cancut tali wondo" menolong korban serta
mengumpulkan dana, serta juga PRIVATE SECTOR, yg juga kena
musibah namun tokh merogoh koceknya untuk membantu! Semuanya
setuju beaya akan ditanggung bersama, terutama melalui penaikan
pajak rokok, alkohol, bensin dan juga VAT (value added tax). Gaji
pegawai negeri akan direm naiknya.

Kapan di RI dapat seperti itu? Tentu butuh waktu!

Dalam bencana itu rakyat Ceko bilang bhw patriotisme mereka
nampak kembali. Biasanya rasa itu melonjak kalau team nasional
sepak bola atau ice hockey nya menang saja.

Jadi kita harus SABAR! Harus punya KESABARAN REVOLUSIONER!
Banyak  "selibritis" yg malah lebih mengeruhkan suasana
dan memakai apapun juga untuk membuat sikon di RI lebih buruk,
lebih terpuruk. Nampaknya ada wacana REVOLUSI PERMANEN
gaya Leon Trotsky.

Tulisan Anda yg panjang akan saya lebih cermati lagi.
Wassalam,  Bismo DG

_________________________________________________________________
Send and receive Hotmail on your mobile device: http://mobile.msn.com