Subject: [Nusantara] "Mang Ucup" <mangucup@wan: Bangsa cuek bebek!

From: "Ra Penak" <[email-masked]>
Date: Sun Sep 8 12:15:52 2002

"Mang Ucup" <mangucup@wan: Bangsa cuek bebek!
6 Sep 2002 19:24:04 +0200

Di jaman reformasi baca “Repot Cari Nasi” sekarang ini orang lebih
senang
debat kusir mengenai sorga yg abstrak, tetapi kita cuek terhadap neraka
yg
real terjadi dlm kehidupan se-hari2. Kita berdiskusi tentang Tuhan yg
kagak
pernah kita lihat, tetapi setan di depan mata kita cuekin.

Budaya EGP (Emangnya Gue Pikirin) sudah mulai dari pejabat tertinggi
s/d
abang becak, rakyatnya boleh pada modyaa..r seperti laron di Nunukan,
tetapi
Presidennya lebih senang dolan2 daripada mikirin mereka. Kita boleh
melihat
orang di panggang jadi sate, karena hanya sekedar nyolong sendal jepit,
tetapi kita cuek saja, sambil dlm hati mengucapkan EGP.

KTT Bumi II di Yohannesburg, Afrika Selatan barusan saja berakhir yg
dihadiri oleh 60.000 orang peserta, apakah Anda bisa membayangkan
berapa
banyak uang yg di hambur2kan untuk membiaya para turis ABIDIN (Atas
BIaya
DINas), padahal PBB sudah memiliki gedung yg megah dan besar di New
York
disamping itu kebanyakan pejabatnya juga bermukin disana.

Menurut data PBB, dari 6 miliar penduduk bumi, sebanyak 1,2 miliar
diantaranya hidup dalam kemiskinan. Mereka harus bertahan dengan
pendapatan
kurang dari 1 dolar per hari. 70% dari jumlah penduduk miskin dunia,
hidup
di negara-negara berkembang.

Berdasarkan  laporan UNDP tingkat kemiskinan di Indonesia semakin
meningkat,
bayangkan saja dari 173 negara yg diteliti, di th 2001 Indonesia masih
menempati peringkat 102  dan dlm setahun saja meningkat ke peringkat
110,
lebih buruk daripada Vietnam, sedangkan negara Asean lainnya seperti
Singapura di peringkat 25, Brunei (32), Malaysia (59), Thailand (70)
dan
Filipina (77).

Kalau kita jujur, sebenarnya negara kita sdh tidak mampu bayar hutang
lagi,
kita hanya bisa hidup dgn prinsip gali lubang tutup lubang, cari utang
untuk
bayar hutang. Para pejabat sdh tidak memikirkannya lagi bagaimana
generasi
penerus nanti membayar hutang2 tsb, mereka sudah imum karena virus EGP.

Sekarang ini total hutang Indonesia sebesar 131 milyar dollar belum
lagi
bunganya yang harus dibayar tiap tahun oleh pemerintah. Dan hutang tsb
sebenarnya adalah hutang najis. Hal ini berdasarkan riset LSM besar
dunia,
bahwa sebagian besar hutang Indonesia digunakan untuk melanggengkan
kekuasaan. Posisi Indonesia pada saat ini menduduki  ranking ke 5 dari
pemilik hutang terbesar sejagat raya.

Bill Clinton pernah menawarkan penghapusan hutang kita sebesar 7 milyar
dollar dengan syarat area hutan di Kalimantan dijadikan sebagai hutan
paru-paru dunia yang tidak boleh diutak-atik. Akan tetapi ditanggapi
dingin
oleh pemerintah kita. Mungkin para pejabat kita itu budeg dan kagak
pernah
dengar slogan yg dicanangkan di hari lingkungan hidup sedunia (World
Environment Day), yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, slogan untuk
th
ini ialah “Give Earth a Chance” =  “Berikan Kesempatan pada Bumi”.

Para elit pakar2 ekonomi kita masih banyak beralibi bahwa hutang masih
sangat diperlukan. Mungkin mereka kurang paham dengan teori ekonomi.
Syarat
negara boleh berhutang, pertama bahwa hutang tidak digunakan untuk
konsumsi,
tetapi untuk investasi. Tapi Indonesia tidak. Dan juga aneh tapi nyata,
sekarang ini Indonesia telah menjadi pengimpor beras terbesar di dunia,
sedangkan secara teori hampir 70 % orang Indonesia mayoritas adalah
petani.

Apakah Anda tahun kecukupan pangan itu sebenarnya sudah merupakan hak
asasi
setiap rakyat Indonesia dan ini tercantum hitam atas putih Dalam UU No
7
tentang Pangan. Dan ini bukan hanya sekedar pangan untuk membesar otot
saja
tetapi juga yg bisa mencerdaskan otak  (memenuhi norma gizi).  Tetapi
karena
kenyataannya pemerintah tidak mampu menyediakan pangan yg cukup bagi
seluruh
warganya, maka dari segi hukum pemerintah telah melakukan “pelanggaran
hak
asasi manusia”.

Ini terbuktikan berdasarkan laporan dari UNICEF yg menyatakan, bahwa
pada th
2000 di Indonesia sekitar 12 juta anak kekurangan gizi, dimana 170.000
orang
diantaranya menderita gizi buruk berat.

Sejak 1,5 th yg lampau tiap anggota DPR/MPR diwajibkan mengembalikan
formulir daftar kekayaan mereka, tetapi ternyata s/d saat ini masih 106
anggota yg belum mengembalikannya juga dgn alasan pertanyaan2 yg
diajukan
terlalu sulit. Maka dari itu kalau memilih wakil rakyat sebaiknya
jangan
memilih yg IQ nya jongkok.

Sebelum kota Sodom & Gomora dihancurkan oleh Allah, Abraham pernah
menawar,
apakah Allah akan menghancurkan kota tsb, apabila ada lima puluh orang
benar? Dan Allah berfirman: “Jika Kudapati 50 orang benar, Aku akan
mengampuni mereka”

Mungkin para pembaca bisa membantu mang Ucup memberikan 50 nama pejabat
saja
yg tidak korup dan tidak memiliki mental EGP, untuk dijadikan bahan
bargaining dlm doanya nanti malam.

Hidup dizaman edan....
gelap jiwa bingung pikiran ....
turut edan hati tak tahan...
jika tidak turut...
batin merana dan penasaran...
tertindas dan kelaparan...
tapi janji Tuhan sudah pasti...
seuntung apapun orang yg lupa daratan....
lebih selamat orang yg menjaga kesadaran.
R. Ng. Ronggowarsito (1802- 1873)

Salam hangat dari
Mang Ucup

_________________________________________________________________
MSN Photos is the easiest way to share and print your photos: 
http://photos.msn.com/support/worldwide.aspx