Subject: [Nusantara] Juwono Sudarsono : Islam Indonesia Tak Bisa Dibajak Ideologi Ekstrem

From: "Reijkman Carrountel" <[email-masked]>
Date: Sat Sep 14 10:12:15 2002

Islam Indonesia Tak Bisa Dibajak Ideologi Ekstrem
Juwono Sudarsono SM/dok

JAKARTA- Pakar politik Prof Dr Juwono Sudarsono mengemukakan, setelah
Peristiwa 11 September 2001 Islam dan keislaman masyarakat Indonesia 
tidak
akan bisa dibajak kepentingan ideologi ekstrem yang menentang reformasi 
dan
penyusunan kembali tata dunia yang lebih baik.
Sudarsono yang menjadi panelis dalam diskusi "Islam and The West: One 
Year
After September 11 2001" di Jakarta, Kamis, mengungkapkan bahwa Islam 
di
Indonesia memiliki perbedaan dengan Islam yang berkembang di Timur 
Tengah
dalam hal kesediaan menerima pengayaan dari globalisasi dan 
penerjemahan
yang relatif lebih liberal kitab Alquran.
Dalam diskusi bertepatan dengan Peristiwa 11 September 2001 yang 
menewaskan
sekitar 4.000 orang multibangsa itu atas Gedung WTC di New York itu, 
dia
juga mengutarakan, di Indonesia segala sesuatu yang terjadi di Timur 
Tengah
sangat cepat berubah menjadi masalah domestik secara strategis, 
ekonomis,
politis, dan bahkan dalam hal masa depan.
Islam dan keislaman masyarakat Indonesia, ujarnya, mempunyai kelenturan
terhadap globalisasi lantaran juga didasarkan pada nilai-nilai tradisi
domestik yang berbaur dengan budaya mancanegara.
"Namun mayoritas masyarakat Islam Indonesia meyakini, bisa berdialog 
secara
kaya dan konstruktif tentang apa yang terjadi terhadap pimpinan umat di
seluruh dunia sekaligus mereformasi secara damai globalisasi yang 
didominasi
AS."
Indonesia, dalam pandangan Sudarsono, berpengalaman beberapa kali 
dengan
pergerakan ekstremis kanan yang mendesak pemberlakuan secara ideologis
nilai-nilai syariat pada dasawarsa 1950-an dan 1960-an.
Dia menyorot secara khusus penyebab kebencian terhadap AS yang merasuk 
ke
dalam diri semua pendukung Al-Qaedah dan pengikutnya. Dia berpendapat,
karena negara adidaya itu mendominasi segala aspek kehidupan masyarakat 
dan
elite di Timur Tengah dan dunia.
"Kenyataan demikianlah yang menjadikan Usamah bin Ladin menentang
pemerintahan negara-negara Arab yang telah menjadi munafiqun sejak 
mereka
menerima banyak sekali dukungan dari AS."
Usamah bin Ladin yang diklaim AS dan konco-konconya bertanggung jawab 
atas
Peristiwa 11 September 2001, ucapnya, bertujuan utama untuk 
memolarisasikan
dunia Islam untuk mengembalikan moralitas religinya ke dalam 
nilai-nilai
syariat Islam yang sebenar-benarnya.
"Faktanya, AS bukan target utama tujuan melainkan karena negara itu
merupakan penjelmaan paham agama lain yang telah mendukung banyak
negara-negara Arab. Karena itu, dia ingin memberi pelajaran."
Usamah bin Ladin dengan ideologi di dalam organisasi Al-Qaedah, 
kemudian
menyerap dan mengaplikasikan penerjemahan cara faksi ekstrem Salafis 
yang
bertekad menyebarkan ajaran Nabi semurni-murninya.
Dalam pandangan faksi paling ekstrem dari Salafis itu, merupakan satu 
tugas
kaum fanatik untuk memerangi dengan cara-cara keras terhadap 
pemerintahan
negara-negara yang tidak mau menerapkan nilai-nilai syariat secara
murni.(ant-60j)

-- 
__________________________________________________________
Sign-up for your own FREE Personalized E-mail at Mail.com
http://www.mail.com/?sr=signup