Subject: [Nusantara] "He-Man" : KB dan Islam Garis Keras

From: "Reijkman Carrountel" <[email-masked]>
Date: Sat Sep 14 10:00:36 2002

"He-Man" : KB dan Islam Garis Keras 
         
Assalamu'alaikum wr wb

Statement yang dikeluarkan oleh Hamzah Haz mengenai
pembubaran BKKBN nampaknya berhubungan dengan
wacana penolakan KB oleh kalangan Islam garis keras.

Kalangan Islam garis keras Indonesia menuding bahwa 
gerakan KB itu ditujukan hanya pada ummat muslim dan
merupakan penyebab penurunan populasi muslim di 
Indonesia.

Kalau memperhatikan kalangan Islam garis keras mereka
biasanya punya anak banyak (sebagiannya punya istri
banyak) , menunjukkan bahwa wacana ini telah didoktrinkan
sedemikian rupa pada mereka

Wacana ini sebenarnya juga wacana impor , ada dua buku
terlarang pada jaman Orba , pertama "Wajah Dunia Islam
Kontemporer" penulis Dr Ali Gharisah penerbit Al Kautsar
dan "Masa Depan Islam : Kilas Balik Abad XIV H" tulisan
Dr Muhammad al Bahy penerbit Gema Insani Press , kedua
buku ini dilarang dan ditarik dari peredarannya oleh rezim
Orba.Kedua buku itu menuding bahwa gerakan KB adalah
konspirasi kaum salib internasional , selain itu pada beberapa
Sabili terbitan lama (sebelum di bredel tahun 1994) ada
beberapa tuduhan bahwa gerakan KB bermaksud untuk menekan
populasi ummat muslim dunia , mereka mencontohkan program
KB India pada masa Indira Gandhi , juga program KB Pakistan.

Jadi wacana penolakan KB dengan dibungkus isu agama ini
bukanlah wacana "asli" garis keras Islam Indonesia melainkan
wacana impor dari kalangan Islam garis keras Mesir dan Pakistan .
Wacana ini berhubungan dengan ketakutan seperti yang diceritakan
Karen Armstrong mengenai fenomena kaum fundamentalis agama
yaitu mereka diposisikan untuk memiliki ketakutan (bahkan paranoid)
bahwa ada konspirasi agama lain untuk menghancurkan eksistensi
agamanya.Karena itulah tidak heran kalau kalangan ini tidak kritis
bahkan cenderung histeris dengan isu konspirasi kristen dan Yahudi
untuk menekan populasi ummat muslim melalui program KB yang
ditiup-tiupkan pemimpin/imam-imam mereka

Jadi isu pembubaran BKKBN oleh Hamzah Haz bukan statement
pribadi ybs melainkan merupakan bagian wacana dan agenda kalangan
garis keras Islam yang menghubungkan masalah KB ini dengan isu agama .
-- 
__________________________________________________________
Sign-up for your own FREE Personalized E-mail at Mail.com
http://www.mail.com/?sr=signup