Subject: [Nusantara] "Yap Hong Gie" <ouwehoer@cxx>: Pengembalian Sekolah Cina Kepada Swasta ( YPPI ).

From: "INFO PRAKTIS-KOMPUTER" <[email-masked]>
Date: Wed Sep 4 09:56:57 2002

"Yap Hong Gie" <ouwehoer@cxx>: Pengembalian Sekolah Cina Kepada Swasta ( 
YPPI ).
3 Sep 2002 09:46:10 +0700

Pengembalian Sekolah Cina Kepada Swasta ( YPPI ).

Berita dalam Majalah Garda No.180 - 04 Sep 2002 pada hal. 27, dimana
Sdr
Nurdin Purnomo mengangkat topik "Minta Kembali Diswastakan", perihal
sekolah2 Cina yang sejak tahun 1996 diambil alih oleh pemerintah, yang
keberadaan mutu dan fasilitasnya sudah sangat memprihatinkan.
Nurdin Purnomo, selaku Ketua Umum Yayasan Pengembangan Pendidikan
Indonesia
(YPPI) menghimbau agar Pemerintah mengembalikan sekolah-sekolah
tersebut
kepada swasta, untuk dikelola oleh YPPI dalam rangka meningkatkan mutu
pendidikan dan menjamin menyediakan dananya, tanpa subsidi pemerintah.

Gagasan Ketua Umum Partai Bhineka Tunggal Ika ini, kiranya perlu
mendapat
dukungan dan perhatian pemerintah, dengan mengacu pada beberapa
ketentuan
prinsip yang harus dijadikan persyaratan khusus; agar sekolah-sekolah
ini
tidak berubah menjadi sekolah EXCLUSIVE: hanya untuk kalangan atas dan
terbatas untuk warga non-pri saja.

Pihak swasta (YPPI) yang diberikan hak pengelolaan  harus dapat
menjamin dan
bertanggung jawab bahwa: murid sekolah tersebut terdiri dari kalangan
kurang
mampu minimal 15%, dan selanjutnya minimal 50% terdiri dari anak-murid
warga
pribumi.

Kami menghimbau agar pihak Pemerintah, warga pers dan masyarakat umum
ikut
membantu mengawasi proses peralihan dan pengelolaan sekolah
selanjutnya,
agar cita-cita peningkatan pendidikan dapat tercapai, dengan tetap
memegang
teguh pada prinsip kebhinekaan dan keadilan sosial.

Jakarta, 02 September 2002
Wassalam,
yap hong gie.

_________________________________________________________________
Send and receive Hotmail on your mobile device: http://mobile.msn.com