Subject: [Nusantara] "Mung Murbandono": AKBAR TANJUNG "TERPILIH" BUKAN TERPILIH

From: "Ra Penak" <[email-masked]>
Date: Fri Sep 13 11:15:37 2002

"Mung Murbandono": AKBAR TANJUNG "TERPILIH" BUKAN TERPILIH

AKBAR TANJUNG  "TERPILIH" BUKAN TERPILIH

TEMPO Interaktif, 11 Sep 2002 antara lain memberitakan hal berikut:

Akbar Terpilih Presiden Parlemen ASEAN

Ketua DPR Akbar Tandjung - yang tempo hari dihukum tiga tahun penjara - 
terpilih menjadi Presiden ASEAN Inter-Parliamentary Organization (AIPO) 
periode 2002/2003. Keputusan ini diambil dalam konferensi tingkat tinggi 
AIPO di Hanoi, Vietnam, Rabu (11/9).

Tapi, penunjukan Akbar itu karena tahun ini memang jatah Ketua DPR Indonesia 
untuk memangku jabatan itu. "Beliau terpilih secara aklamasi," ujar Ibrahim 
Ambong, Ketua Komisi I DPR, pada Tempo News Room yang menghubungi di Hanoi. 
Dengan terpilihnya Akbar, jelas dia, tahun depan Indonesia jadi tuan rumah 
pelaksanaan pertemuan AIPO. Sedangkan Akbar akan memimpin sidang AIPO 
tersebut.

Semula tahun 2003, kegiatan itu akan digelar di Kamboja. Tapi, negara 
tersebut menolak karena tahun depan akan menggelar pemilihan umum. "Itu hal 
luar biasa," kata Ibrahim bangga. "Ini membuktikan masyarakat internasional 
mempercayai Indonesia," sambung dia soal terpilihnya Akbar.

Dstnya .....

KOMENTAR
Dari tiga alinea di atas, tampak hal yang rancu dalam diri kebanggaan Ketua 
Komisi I DPR, Ibrahim Ambong. Seolah-olah keterpilihan Akbar Tanjung ada 
sangkut paut  dengan prestasi. Padahal, cuma urutan giliran menjadi ketua. 
Semua Ketua Parlemen ASEAN, suatu saat akan "terpilih" menjadi Presiden 
AIPO.  Semua kebagian. Semua akan "terpilih".

Yang pasti, Akbar Tanjung agaknya akan  merasa mantab mendapat "senjata" 
baru sebagai Presiden AIPO, dalam rangka "berperang" melawan kebermasalahan 
dirinya sebagai salah seorang paling populer di Indonesia.

L Murbandono Hs
Rakyat Biasa Warganegara RI
Tinggal di Hilversum, Nederland

_________________________________________________________________
MSN Photos is the easiest way to share and print your photos: 
http://photos.msn.com/support/worldwide.aspx