Subject: [Nusantara] Mung : GESTOK DAN LUBANG BUAYA

From: "gigihnusantaraid" <[email-masked]>
Date: Fri Oct 4 08:24:07 2002

GESTOK DAN LUBANG BUAYA

Tempo Interaktif, 1 Oct 2002  memberitakan hal berikut: 

Upacara peringatan "Hari Kesaktian Pancasila" yang namanya sudah 
diubah menjadi "Hari Mengenang Tragedi Nasional Akibat Pengkhianatan 
G 30 S PKI terhadap Pancasila", tahun ini kembali dilaksanakan. 
Upacara yang dipimpin inspektur upacara Menteri Koordinator Politik 
dan Keamanan Susilo Bambang Yudhoyono, masih bertempat di lapangan 
upacara Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Pondok Gede Jakarta 
Timur. 

KOMENTAR : Dari perubahan judul peringatan, agaknya pemerintahan 
OrBaBa (Orde Baru yang Baru, istilahnya Pramudya Ananta Toer) ini 
semakin ndablek. Lebih ndablek katimbang Orde Baru. Kalau Orba cukup 
dengan tiga kata, pemerintahan OrBaBa perlu 10 kata untuk 
mempertahankan dan menutup-nutupi kejahatan Orde Baru yang 
direkayasa Soeharto.

OrBaBa adalah pemerintahan yang tidak mau belajar. Meski data-fakta-
info mengenai tragedi 1 Oktober itu sudah menjadi sedemikian multi-
dimensional, masih saja memberlakukan tafsir tunggal yang kacau 
balau, untuk terus menerus membodohi orang-orang Indonesia dan 
mengabadikan kemunafikan segelintir manusia Indonesia yang fasistik, 
militeristik, kapitalistik, dan feodalistik.

L Murbandono Hs
Rakyat Biasa Warganegara RI
Tinggal di Hilversum, Nederland
Penyusun  Ensiklopedia Gestok
Bersama Hersri S dan G Bibang