Subject: [Nusantara] "Daniel H.T." : Hamzah Haz Minta QSAR Dilanjutkan

From: "Ra Penak" <[email-masked]>
Date: Mon Sep 2 10:16:41 2002

"Daniel H.T." : Hamzah Haz Minta QSAR Dilanjutkan
31 Aug 2002 10:03:09 -0700

Ada apa sebenarnya sih antara Pak Hamzah dng PT QSAR ini?

Deptan dan Menkop Diminta Kaji Prospek QSAR
Penulis : M. Budi Santosa
detikcom - Jakarta, Wapres Hamzah Haz agaknya terlanjur kasmaran dengan
model bisnis Qurnia Subur Alam Raya (QSAR). Karena itu, ia
memerintahkan
Menneg Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Alimarwan Hanan serta
Mentan Bungaran Saragih untuk mengkaji prospek bisnis QSAR. Bila masih
laik, Hamzah minta agar bisnis QSAR diteruskan.
Demikian disampaikan Hamzah Haz usai melepas lomba "Mobil Hemat Energi'
di Silang Monas, Jakarta, Sabtu (31/8/2002). "Kita meminta menkop dan
mentan untuk melakukan investigasi dari aspek usahanya. Kira-kira
gambarannya masih layak diteruskan atau tidak," kata Hamzah.
PT QSAR adalah usaha yang bergerak di sektor agrobisnis. Apabila layak
diteruskan, menurut Hamzah maka pemerintah akan mencoba membantu
mencarikan investor lain meneruskan usaha tersebut. Namun apabila
tidak,
Hamzah mempersilakan agar PT QSAR selanjutnya ditutup.
Dalam kasus PT QSAR ini, Hamzah mengaku agak bingung kenapa
dipermasalahkan baru pada sekarang ini. "Usaha sejenis QSAR itu kan
sangat banyak. Kenapa usaha seperti ini baru dipermasalahkan saat ini.
Padahal itu (usaha QSAR) kan sudah ada sejak 4-5 tahun lalu," katanya.
Di mata Hamzah, model-model penggalangan dana yang dilakukan QSAR masih
menunjukkan tingkat koperatif. "Cuma memang dari sisi investornya ingin
mendapakan jasa atau keuntungan dari usaha itu dengan cepat," kata
Hamzah seolah mengkaji penyebab keruntuhannya.
Karena itu, bila toh masih memungkinkan, model usaha sejenis QSAR
sebaiknya tak terhenti. Menurut Hamzah, sedapat mungkin dibuat
perbaikan
guna mendorong sektor UKM. "Pola ini bisa dijadikan modifikasi untuk
membantu UKM. Jadi bagaimana agar sikap kooperatifnya dapat tercermin,"
tegasnya.

_________________________________________________________________
Send and receive Hotmail on your mobile device: http://mobile.msn.com