Subject: [Nusantara] "Mang Ucup" <mangucup@: Sampahnya bebek!

From: "Ra Penak" <[email-masked]>
Date: Thu Sep 12 13:48:01 2002

"Mang Ucup" <mangucup@: Sampahnya bebek!
8 Sep 2002 12:57:29 +0200

Sifat cuek bebek bukannya terjadi di Indonesia saja,  tetapi para elit
dari
negara maju pun demikian, mereka itu paling pinter menuduh Indonesia
sebagai
pengrusak alam dan hutan, tanpa mereka menyadari apa yg mereka lakukan
itu
benar2 hanya sekedar di mulut azah seperti juga orang Farisi, mustinya
mereka itu harus ngaca, kenapa ini bisa terjadi?

Apakah Anda tahu kenapa Indonesia, menjadi pengrusak alam dan hutan?
Karena
kita ‘DIPAKSA” oleh IMF! Dalam salah satu butir kesepakatan ekonomi
dengan
IMF di tahun 1998, pemerintah Indonesia “ditodong” untuk meningkatkan
eksport komoditas yang laku jual antaranya kayu dan kertas  (komoditas
yang
tidak diproduksi negara-negara maju). Inilah yg mengakibatkan punahnya
hutan
kita, mo hancur ataupun tidak hancur, Emangnya Gue Pikirn itulah
komentar
dari pejabat IMF.

Tesso Nilo, nama yang barangkali terdengar asing untuk telinga orang
Indonesia. Padahal apa yang terdengar asing itu adalah nama sebuah
pusaka
alam yang luar biasa berharga di provinsi Riau. Tesso Nilo adalah hutan
tropis dataran rendah berukuran 1600 km2, yang menyimpan keanekaragaman
flora yang tiada banding di seluruh jagat raya. Bayangkan saja
berdasarkan
laporan para peneliti dari WWF (Worldwide Fund for Nature), di setiap
200 m2
areanya bisa diketemukan 214 spesies tanaman vascular, yaitu jenis
tanaman
yang memiliki pembuluh sari-sari makanan. Hanya sayangnya Tesso Nilo
sekarang ini berada dlm ancaman kepunahan Paling lambat dlm jangka
waktu
tiga tahun lagi hutan ini akan punah, karena pembabatan liar yg bukan
hanya
dilakukan oleh para penduduk setempat, tetapi secara besar2an oleh Riau
Andalan Pulp and Paper (RAPP), yang melakukan pembabatan untuk
melakukan
konversi lahan menjadi perkebunan akasia. Sumber: CIFOR (Center for
International Forestry Research)

Di seluruh dunia ini, dlm jangka waktu 15 th saja (1980 – 1995)
sekitar 200
juta hektar hutan telah dibabat dan dimusnahkan, atau 5,5 kali lipat
luasnya
daripada negara Jerman.

Global Warming; Global Warning
Karena meningkatnya suhu panas dibumi ini maka sejak th 1900 tingginya
permukaan air laut sdh meningkat sebanyak 20 cm yg mengakibatkan banjir
bagi
46 juta penduduk di pinggir pantai, dan apabila air laut meningkat
menjadi
50 cm maka ini akan mengakibatkan banjir bagi 96 juta penduduk dunia di
daerah pesisir

Lapisan ozon di stratosfer, 15 – 45 km diatas permukaan bumi berfungsi
melindungi bumi dari sinar ultra violet yang dipancarkan matahari sejak
kehidupan ini ada.  Saat ini lapisan ozon telah mengalami kerusakan,
yang
disebabkan oleh penggunaan bahan kimia terutama CFC dan Halon,
klorofluorokarbon telah dibuat manusia  selama 70 tahun belakangan ini.
Menipisnya lapisan ozon ini sangat berbahaya bagi kesehatan,
peningkatan
permukaan air laut karena akibat pemanasan bumi (global warming).
Gangguan
kesehatan timbul seperti kanker kulit, katarak dan penurunan daya
tubuh,
bahkan dapat juga menyebabkan terjadinya mutasi genetik.

Pemerintahan Bush mendapat banyak kritikan atas penolakannya untuk ikut
meratifikasi Protokol Kyoto 1997, yang bertujuan mengurangi pemanasan
global. Caranya, dengan mengurangi emisi gas karbondioksida dan gas
lainnya
yang menyebabkan memanasnya atmosfir bumi. Bush bersikeras menolak
langkah-langkah yang diwajibkan dalam Protokol Kyoto itu karena ini
bisa
membahayakan perekonomian Amerika. Mo tambah bolong lapisan ozon nya
ataupun
kagak "Emangnya Gue Pikirin", yg penting rakyat gue tetap makmur!

Gerakan Lingkungan di Indonesia itu hanya sekedar iklan?
Kualitas hidup seseorang secara substansial dipengaruhi oleh kualitas
lingkungan dimana dia tinggal atau beraktifitas, tetapi jawablah dgn
jujur
kita banyak sekali membaca dan  melihat iklan2 di majalah maupun koran2
mengenai masalah lingkungan hidup, apakah pernah kita turut tergugah?
Apakah
pernah gue ikut mikirin? Paling2 kita ngomong "Oh bagus yah gambarnya!"

Kebanyakan dari kita masih tetap saja cuek bebek, terhadap sampah
maupun
pembuangan limbah. Kita membuang sampah se-enak udel2 kita dimana saja,
kapan saja dan apa saja tanpa menghiraukan akibatnya bagi lingkungan,
mulai
dari pencemaran lingkungan s/d pencemaran air.

Oleh sebab itulah mang Ucup berusaha dgn menulis artikel ini  untuk
mengajak
para pembaca semua lebih perduli terhadap lingkungan, mulailah dari
sekarang
kita rubah sifat cuek bebek kita demi lingkungan kita dan demi masa
depan
kita. Saya ingin mengajak Anda untuk turut  menyumbangkan peran secara
aktiv
dalam menyembuhkan bumi yang tengah merana ini.

Kita ber-koar2 mengeritik total abis kekotoran hidup para politikus
kita,
walaupun demikian untuk membersihkan dan menyapu kotoran2 dan sampah2
di
panggung politik/pemerintahan tidaklah gampang, tetapi kita bisa dgn
mudah
dan bisa segera turut berperan aktiv dgn membersihkan lingkungan dan
menyapu
kotoran/sampah dimana kita hidup sekarang ini.

Our Earth - Our Future - Just Save It!

Salam hangat dari sobat di Londo
Mang Ucup

_________________________________________________________________
Send and receive Hotmail on your mobile device: http://mobile.msn.com