Subject: [Nusantara] "bimoariotejo" <bimo7@linux> : Ekonomi liberal (was Re: Naskah UUD

From: "Ra Penak" <[email-masked]>
Date: Thu Sep 5 12:23:07 2002

"bimoariotejo" <bimo7@linux> : Ekonomi liberal (was Re: Naskah UUD
3 Sep 2002 11:50:11 -0000

Saya agak ragu apakah ekonomi sosialistik bisa diterapkan di negara
kita. Di Jerman, pajak bisa mencapai 40% dari pendapatan kita. Ini
memang diimbangi oleh pelayanan publik yang bagus, tetapi siapa yang
mau gajinya dipajak hingga 40%? Larinya Boris Becker dari Jerman
karena menghindari pajak adalah contoh betapa absurdnya untuk
menerapkan sistem ekonomi sosialistik di negara kita.

Ekonomi sosialistik juga melahirkan generasi pemalas. Jerman sekarang
menghadapi masalah dengan jumlah pengangguran (arbeitlos) yang
mencapai 4 juta orang. Bukan karena tidak ada lapangan kerja, tetapi
karena orang menganggurpun disubsidi oleh negara sebanyak 1500 Euro.
Saya saja yang sudah banting tulang pergi ke kampus tiap hari hanya
digaji 1000 Euro. Mending menganggur kan? Apalagi jika anda punya
anjing, ia akan mendapat subsidi tambahan sebanyak 200 Euro.

Sehingga tenaga kerja diisi oleh kaum migran yang bisa hidup mewah
hanya dengan gaji 500 Euro perbulan. Inilah yang kemudian memancing
kecemburuan dari kelompok ultra-nasionalis Neo-Nazi. Kampus-kampus
diisi oleh mahasiswa asing karena orang Jerman berpikir buat apa
sekolah tinggi-tinggi toh nanti gaji besar kena pajak tinggi pula. Di
kampus saya (Stuttgart) bahkan terjadi satu orang profesor hanya
mengajar 2 orang mahasiswa.

Yang saya puji dari sistem sosialistik adalah kemampuannya untuk
memberikan pelayanan publik. Tetapi jika itu merupakan kompensasi
dari pajak yang sampai 40% dan kemalasan publik serta menipisnya
iklim persaingan, saya kira bukan suatu hasil kompromi yang bagus.

salam,
bimo

--- In konstitusi-ri@y..., "hifibuff007" <dana.pamilih@a...> wrote:
>Bagi pengertian saya yang awam, karena saya bukan ekonom ataupun
ahli
>hukum tatanegara, ialah bahwa faham ekonomi liberal itu dilahirkan dari 
>budaya Anglo-Saxon yang masyarakatnya memiliki individualisme tinggi.  
>Faham ini salah satu yang berhasil tetapi bukan SATU2nya
yang
>berhasil.
>
>Faham yang lebih sosialistis seperti di Perancis dan Jerman, juga sangat 
>berhasil dengan prioritas yang lebih tepat bagi saya.  Paham ekonomi 
>liberal mampu menciptakan Bill Gates dan Microsoft tetapi
juga
>menciptakan homeless people yang tidak memperoleh perlidungan dan layanan 
>kesehatan yang layak.
>
>Perancis tidak punya Bill Gates, tetapi sistem pelayanan kesehatan 
>masyarakatnya yang terbaik di dunia menurut WHO.
>
>Suatu faham ekonomi akan berubah sesuai dengan zaman dan tingkat 
>perkembangan masyarakat.  Kegiatan politik sebenarnya didasari
suatu
>faham ekonomi tertentu.  Dengan membatasi faham ekonomi akibatnya
juga
>dapat membatasi kegiatan politik yang tentunya bertentangan dengan prinsip 
>HAM.
>
>Sangat naif untuk mencari obat keterpurukan ekonomi dari pasal 33, sebab 
>problem utama keterpurukan kita ialah bangkrutnya sistem
hukum
>moderen bukan dari asas ekonomi belaka.  Satu2nya obat kita ialah 
>menegakkan negara hukum yang berwibawa.
>
>Demikiankah sekedar penjelasan saya.

_________________________________________________________________
Chat with friends online, try MSN Messenger: http://messenger.msn.com