Subject: [Nusantara] Waspadai Frustrasi Sosial Dampak Tragedi Kuta

From: "gigihnusantaraid" <[email-masked]>
Date: Fri Oct 18 10:00:52 2002

Waspadai Frustrasi Sosial Dampak Tragedi Kuta
Oleh : Drs. Putu Suasta, M.A.

MASYARAKAT Bali benar-benar tengah diuji. Di saat kondisi 
kepariwisataan
mulai beranjak membaik, tiba-tiba muncul tragedi yang semula tak 
pernah
dibayangkan. Pulau Dewata yang semula merupakan sorga para penikmat
keindahan dan ketenangan mendadak berubah menjadi neraka yang 
mengerikan
hanya dalam hitungan detik. Dari sisi kemanusiaan, ledakan bom yang
menewaskan ratusan orang itu sungguh tak termaafkan dan harus dikutuk
sekeras-kerasnya. Persoalannya siapakah orang, pihak atau pelaku teror
biadab itu yang harus dikutuk?

------------------------------------------------

Dalam kondisi yang serba belum jelas saat ini, sebaiknya kita jangan
terjebak pada skenario-skenario tersebut. Jangan gampang termakan 
isu. 
Kalau
sampai masyarakat Bali termakan isu semacam itu, dampaknya bisa 
membahayakan
dan lebih memperburuk kehidupan masyarakat Bali.

Kita harus sadar bahwa munculnya isu-isu di tengah masyarakat justru
merupakan salah satu tujuan para teroris. Kalau kita kaji secara lebih
mendalam, aksi terorisme biasanya selalu dilakukan oleh 
kelompok-kelompok
yang terorganisir dan tertata rapi. Tujuan mereka bukanlah sekadar 
membunuh
ratusan orang yang tewas dalam ledakan bom seperti di Legian, Kuta. 
Lebih
jauh dari itu, teroris selalu memiliki agenda-agenda tertentu yang 
dampaknya
justru terasa di kemudian hari, baik dalam jangka pendek maupun 
panjang.
Kelompok biadab semacam itu berharap agar dengan adanya ledakan bom 
yang
maha dahsyat itu akan menimbulkan keresahan dan kekacauan sosial. Hal 
ini
sangat mungkin terjadi bila masyarakat Bali yang tengah menghadapi 
cobaan
ini tidak siap dan tabah. Karena yang menjadi sasaran ledakan bom 
saat 
ini
adalah jantung perekonomian Bali, yakni sektor pariwisata.

Padahal bisnis pariwisata sangat rentan terhadap isu-isu yang 
berkaitan
dengan keamanan. Sedikit saja keamanan terganggu, maka para wisatawan 
akan
menjauh. Sebagai contoh ketika beberapa waktu lalu gangguan keamanan 
terjadi
di Jakarta dan beberapa kota lain terjadi, dampaknya terasa cukup 
signifikan
terhadap Bali, yakni dengan anjloknya kunjungan wisatawan ke Bali. 
Apalagi
dengan ledakan bom yang terjadi di jantung pariwisata Bali saat ini,
dampaknya bisas jauh berlipat-lipat lebih parah.

Seperti kita ketahui bahwa PDRB wilayah Bali saat ini sekitar 60 
persen
lebih berasal dari sektor pariwisata. Untuk wilayah Denpasar - Badung
ketergantungannya terhadap bisnis pariwisata sekitar 80 persen. Kalau 
sektor
ini hancur, maka sudah bisa dibayangkan apa yang akan terjadi. Kemarau
panjang sudah di depan mata, karena para wisatawan yang berkunjung 
akan
menurun drastis. Dampak sosialnya akan mulai terlihat sekitar tiga 
bulan
pertama. Saat itu, hotel-hotel dan tempat bisnis pariwisata lainnya 
sudah
kehabisan uang sehingga terpaksa harus mengurangi atau mem-PHK 
karyawannya.
Jumlah pengangguran pun akhirnya akan meledak. Karena tidak akan 
alternatif
pekerjaan di kota, mereka akhirnya terpaksa pulang kampung. Sehingga
kepadatan penduduk di kampung meningkat, sementara jumlah pekerjaan 
atau
lahan sawah yang bisa dikerjakan sangat terbatas. Berbagai masalah 
yang 
ada
tersebut sangat berpotensi sebagai pemicu terjadinya konflik 
antarmasyarakat.

Kondisi frustrasi sosial yang tidak menentu ini diperkirakan 
berlangsung
sekitar dua sampai lima tahun. Inilah saat yang dinanti-nantikan oleh
teroris guna menjalankan agendanya dalam membenturkan elemen-elemen
masyarakat yang tinggal di Bali dengan cara menyebarkan berbagai isu
primordial yang provokatif. Karena masa seperti ini biasanya sangat 
rentan
terhadap berbagai isu negatif.

Bersikap Tegar
Kalau konflik sosial sampai terjadi, tak bisa dibayangkan bagaimana
dampaknya terhadap kehidupan kemasyarakatan kita. Bukan hanya di Bali,
melainkan sudah berskala nasional. Karena aksi saling balas pasti akan
terjadi di berbagai daerah di seluruh penjuru negeri ini.
Kiranya tak seorang pun masyarakat Bali yang mengharapkan situasi 
demikian
terjadi. Oleh karena itu, dalam situasi yang serba prihatin saat ini
seharusnya berbagai elemen masyarakat Bali tetap mampu bersikap tegar.
Jangan sampai terpancing dengan agenda teroris yang akan meletupkan 
konflik
sosial yang berbau primordial. Jangan sampai kerukunan hidup 
bermasyarakat
yang majemuk di Bali dikorbankan. Terlalu mahal bagi kita untuk 
mengorbankan
ketenangan dan kedamaian dalam kemajemukan di Bali, hanya karena 
ledakan
emosi. Karena hal inilah yang justru merupakan kekayaan Bali yang 
patut
dibanggakan.

Kalau sampai kita termakan agenda pembenturan antar elemen masyarakat 
Bali,
para teroris justru akan bertepuk tangan karena agendanya telah 
tercapai.
Untuk selanjutnya mereka akan dengan mudah mengulangi teror-teror 
serupa di
bumi Bali kita tercinta.

Kita tentunya sangat tidak menginginkan hal itu terjadi. Sebisa 
mungkin
masyarakat Bali harus tetap mempertahankan kekuatan dan kelebihannya, 
yang
justru terletak pada tatanan hidup yang harmonis dalam tatanan 
masyarakat
yang multikulktural.

Bangkitkan Sektor Lainnya
Yang harus segera kita lakukan saat ini adalah mencari solusi dalam
menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi di depan, baik dari 
segi
ekonomi, keamanan, sosial dan aspek lainnya. Untuk menatap masa depan
masyarakat Bali yang lebih baik, diperlukan hati yang dingin dan 
pikiran
yang jernih dan bijak. Berbagai elemen masyarakat perlu duduk dan 
berembuk
bersama. Jadikan peristiwi Black Saturday itu sebagai peringatan dari 
Yang
Maha Kuasa dan pemacu bagi masyarakat Bali untuk bekerja dan 
bertingkah 
laku
lebih baik lagi, tidak merusak yang sudah baik.

Dari segi ekonomi, misalnya, selain kita harus terus berusaha 
membangkitkan
kembali sektor pariwisata, masyatakat Bali juga harus menjadikan 
momentum
ini untuk berpikir tentang pengembangan sektor-sektor lain 
nonpariwisata.
Selama ini kita terlalu lengah dan terlena dengan kenikmatan hasil
pariwisata, sehingga mengabaikan sektor bisnis lainnya.

Memang jelas tidak mungkin bisa mewujudkan hal itu dalam waktu singkat
seperti membalik telapak tangan. Tetapi kalau ada kemauan, 
kesungguhan 
dan
dukungan dari masyarakat dan pemerintah, tidak ada yang tidak mungkin
dilakukan. Sebenarnya kalau kita mau mengkaji lebih mendalam, cukup 
banyak
potensi Bali yang masih bisa dikembangkan. Sektor kerajinan misalnya, 
yang
selama ini lebih berorientasi pada pasar wisatawan, kini sudah harus 
mulai
diarahkan ke pasar ekspor. Demikian pula dengan sektor pertanian yang 
selama
ini dianaktirikan, sudah saatnya kita lebih memberdayakan lagi. 
Demikian
pula dengan sektor-sektor ekonomi lainnya.

Dengan kesungguhan kita bersama, kiranya kesulitan ekonomi 
berkepanjangan
tak akan terjadi. Apalagi kalau keajaiban datang dari Yang Maha Kuasa
seiring dengan perbaikan perilaku kita dalam menjalani kehidupan ini, 
maka
berbagai kemungkinan yang lebih baik bisa terjadi.

Demikian pula dari segi keamanan. Dengan makin banyaknya kasus 
gangguan
keamanan belakangan ini, baik di Bali maupun daerah lainnya di 
Indonesia,
kita sudah tidak bisa lagi mengandalkan aparat keamanan. Untuk itu 
sebagai
upaya preventif, masyarakat perlu membangun atau memperbaiki sistem 
yang
lebih baik lagi.

Sistem banjar, misalnya, yang selama ini sudah diketahui cukup 
efektif 
dalam
menciptakan ketenangan, kenyamanan dan keamanan masyarakat Bali, saat 
ini
harus lebih ditingkatkan lagi, sehingga perlu dicarikan formulasinya 
yang
lebih tepat. Di sinilah letak pentingnya peningkatan peran desa adat 
dalam
situasi seperti saat ini.

Bila masyarakat Bali mampu menghadapi cobaan berat ini dengan lebih 
tegar
dan berhati dingin, kiranya kita akan bisa keluar dari kesulitan ini 
dengan
lebih baik lagi. Pada gilirannya masyarakat Bali akan menjadi 
masyarakat
yang resistance terhadap kekuatan-kekuatan perusak, baik terorisme 
atau
bentuk kerusakan lainnya. Sehingga para teroris pun akan berpikir dua 
kali
untuk menjadikan Bali sebagai sasaran. Sebaliknya, bila kita lemah 
dalam
menghadapi cobaan ini, maka untuk ke depannya akan menjadi sasaran 
empuk
para pemuat keonaran.

Penulis, aktivis Perhimpunan Indonesia Baru (PIB), Ketua Forum Merah 
Putih
(Bali Post, Kamis, 17 Oktober 2002)