Subject: [Nusantara] John Wuo Council member Arcadia.

From: "gigihnusantaraid" <[email-masked]>
Date: Tue Oct 29 11:01:58 2002

John Wuo Council member Arcadia.

Ditulis Oleh : Dr.Irawan. 
Arcadia, October 8 , 2002/ Indonesia Media, Lagi seorang city council 
dari 
komunitas Asia berkesempatan kami wawancarai di kantornya. 
Sekilas tentang John Wuo.
John Wuo mulai dikenal dalam dua periode pemilihan belakangan ini di 
City of 
Arcadia. Mr. Wuo yang lahir pada tahun 1949 ini mengaku datang 
pertama 
kalinya ke AS pada tahun 1966 dari Taiwan, kendati orang tua beliau 
berasal 
dari RRT. Keunikan beliau dibanding dengan para imigran Asia pada 
umumnya, 
ialah John Wuo saat pertama kali menjajakkan kakinya di AS langsung 
tinggal 
dengan keluarga Amerika. Pengalamannya ini membentuk jati dirinya 
lebih 
Americanise karena cultural yang dipelajari langsung dari keluarga 
Amerika 
dan John saat itu masih relatif muda usianya. High Schoolnya 
ditamatkan 
di La 
Canada Flintridge dan Bachelornya di raih di RedLand University dalam 
bidang 
Engineering. Namun profesi yang digelutinya selama 25 tahun 
belakangan 
ini 
ialah di bidang Brooker Real Estate yang bermerek Baldwin Realty Inc 
yang 
beralamat di 900 S. First Street, Arcadia,California dimana beliau 
menduduki 
jabatan sebagai vice president. 
John Wuo mulanya banyak melakukan pekerjaan volunteer di City of 
Arcadia, ini 
adalah cara umum yang dilakukan oleh para politisi di Amerika untuk 
memulai 
jenjang kariernya. Sampai suatu saat beliau dinominasi menjadi calon 
city 
council yang mana konstituennya adalah penduduk Arcadia sendiri. 
Sebagai 
catatan, Mayor (walikota) akan dipilih dari council member dengan 
cara 
vote 
yang diselenggarakan dalam lingkaran council member sendiri, cara ini 
yang 
diterapkan di Arcadia walaupun tidak semua kota menggunakan cara 
pemilihan 
Mayor yang sama. Sebagai catatan Arcadia juga mempunyai city council 
lainnya 
yang berasal dari komunitas Asia, yaitu Dr. Sheng Chang yang telah 
memegang 
jabatan city council selama lebih dari 7 tahun, namun masih belum 
berhasil 
duduk sebagai walikota. (mayor).

Konsentrasi orang Asia
Sebagaimana kita ketahui konsentrasi orang Asia di AS ada di dua 
tempat 
yaitu 
di East Coast , seperti New York , Philadelphia, sedangkan di West 
Coast 
banyak yang ngluruk di Los Angeles dan San Francisco. Yang di Los 
Angeles ini 
banyak orang Asia bermukim di San Gabriel Valley, diantaranya 
kota-kotanya 
yakni, Arcadia, San Gabriel, Temple City, Monterey Park, Pasadena, 
South 
Pasadena, San Marino, Rosmead, El Monte. West Covina, Walnut, Roland 
Heights, 
Hacienda Heights dan batas timurnya di San Dimas dan Diamond Bar. 
Banyak dari 
kota kota diatas dipimpin oleh walikota dari orang orang imigran 
Asia.   
Suara kurang dari 5% 
Dari pembicaraan yang kami lakukan di kantornya John Wuo, beliau 
membeberkan 
bahwa komunitas Asia di Arcadia sudah mencapai 47% , sisanya Anglo, 
Caucasian, dan lainnya. Maka sebenarnya populasi Asian di Arcadia 
adalah 
mayoritas. Namun ironinya kekuatan suara Asia masih jauh ketinggalan 
dengan 
minoritas lainnya, hanya 5% dari Asia yang berhak ikut dalam vote, 
hal 
ini 
disebabkan banyak orang  Asia yang belum berstatus U.S.citizen, 
ditambah lagi 
kebiasaan jelek dari orang kami tidak mau ikut dalam urusan politik, 
sehingga 
mengurangi lagi separuh potensi suara yang memang sudah minim itu, 
ungkap 
Wuo.

Berani berpolitik
Wuo menjelaskan bahwa betapa pentingnya kami ikut menyuarakan 
aspirasi 
lewat 
vote untuk kepentingan kita. Contoh konkrit yang kita sering hadapi 
misalnya: 
Dalam menggoalkan proposition untuk alokasi anggaran bagi peningkatan 
mutu 
pendidikan, kami selaku golongan  mayoritas yang mempunyai anak anak 
usia 
sekolah tentu lebih membutuhkan anggaran ini ketimbang kelompok 
lainnya 
yang 
rata rata manula, dan jarang mempunyai anak usia sekolah. Dipihak 
lain 
para 
senior citizen lebih mementingkan kesejahteraan pensiunan, mereka 
boleh 
jadi 
tidak menyokong anggaran untuk sekolah karena bukan urusan mereka 
semenjak 
mereka tidak lagi mempunyai anak usia sekolah lagi. Orang Asia selaku 
pendatang yang membeli property dengan harga yang sudah tinggi dengan 
serta 
merta akan kena pajak property yang tinggi juga, mereka ini mengklaim 
bahwa 
merekalah yang memberikan sumbangan yang terbesar untuk publik. Nah, 
disinilah terjadi tarik menarik kepentingan, dan ini sudah masuk 
dalam 
urusan 
perpolitikan. Memang mau tidak mau dalam kehidupan ini kita harus 
berani 
berpolitik.

Jangan malu, memang rasis
Sewaktu John ditanya apakah dengan penggalangan suara atau massa ini 
tidak 
menimbulkan eksklusifisme, dan condong ke tindakan rasis? Jawaban Mr. 
Wuo 
ternyata sangat gamblang, beliau bilang :"Memang ini Rasis! Kita 
jangan 
malu 
malu untuk mengakui ini adalah rasis. Justru kita harus berani 
menyuarakan 
kepentingan kita, jangan malu malu mengangkat perbedaan kita masing 
masing 
kepermukaan , supaya masing masing pihak mengetahui keinginan dan 
ketidak 
sukaan pihak lainnya, kemudian dicari jalan keluarnya sampai ketemu 
titik 
toleransinya. Bangsa yang beradab adalah bangsa yang bisa hidup 
saling 
menghormati dan harmonis. Kalau kita malu atau tidak berani 
mengungkapkan 
pendapat maka dikira kita tidak membutuhkan apa apa , maka akhirnya 
kita yang 
akan dirugikan, kalau masing masing pihak menyimpan dendamnya sendiri 
sendiri, maka ini akan menjurus ke Hate Crime nantinya."demikian 
tegas 
Wuo.
Target John Wuo saat ini hanya berusaha agar di jurusdiksinya orang 
asal Asia 
diperlakukan sama (equal opportunity),dan tidak memperlakukan orang 
Asia 
dengan double standard. Beliau menampung aspirasi dan keluhan dari 
mana 
saja 
kemudian meneruskannya pada rapat city council dua kali dalam sebulan 
secara 
reguler.

Himbauan
Pernyataan John Wuo sangat menakjubkan, bayangkan kalau setengah saja 
dari 
para petinggi di Indonesia berpikiran sama dengan Wuo niscaya 
Indonesia 
tidak 
akan bernasib seperti hari ini. John Wuo menghimbau agar para pemuka 
masyarakat di komunitasnya masing masing agar menginformasikan ke 
masyarakatnya untuk ambil bagian dalam vote. Bagi yang masih Green 
Card 
holder agar segera mengambil US. Citizenship, bagi yang statusnya 
masih 
belum 
menentu agar cepat menyelesaikan PR nya. 

Bagi masyarakat Indonesia yang tinggal ditempat lainnya jika 
mempunyai 
pengalaman berbincang dengan wakil rakyat setempat silahkan berbagi 
kesan 
dengan pembaca Indonesia Media lainnya. Kirimkanlah tulisan anda 
dengan 
fotonya kepada kami, Indonesia Media <[email-masked]>untuk 
dipublikasi.  
DI/IM