Subject: [Nusantara] [Nasional] Presiden Megawati:Koordinasi TKI Tugas Wapres

From: [email-masked]
Date: Fri Sep 6 03:24:00 2002

-----------------------------------------------------------------------
Mailing List "NASIONAL"
Diskusi bebas untuk semua orang yang mempunyai perhatian terhadap
eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia.
-----------------------------------------------------------------------
STOP Exodus TKI !!  STOP Exodus bangsa kita  !!   STOP Exodus TKI !!
-----------------------------------------------------------------------

Presiden Megawati:Koordinasi TKI Tugas Wapres

Pretoria, Kompas (05/08/2002) - Presiden Megawati Soekarnoputri mengatakan,
sebelum meninggalkan Tanah Air, ia telah menugaskan Wakil Presiden (Wapres)
Hamzah Haz menangani masalah kembalinya tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal
ke Indonesia, termasuk yang lewat Nunukan, Kalimantan Timur.

"Sebelum saya meninggalkan Indonesia, tugas ini telah saya serahkan kepada
Wakil Presiden untuk bisa mengoordinasikannya dengan Menko Kesra (Menteri
Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat) yang juga telah membuat tim. Saya
dapat laporan terus-menerus bahwa sekarang telah berjalan dengan
dikirimkannya kapal-kapal untuk mereka," kata Presiden menjawab pertanyaan
Siska, seorang pelajar SLTP, warga Indonesia, yang berada di Afrika Selatan,
Selasa malam waktu setempat atau Rabu dini hari waktu Indonesia Barat (WIB).
Dalam kaitan itu, Megawati minta dibedakan antara presiden dan pemerintah.
Megawati memang belum ke Nunukan, tetapi pemerintah sudah berbuat banyak
soal penanganan TKI ilegal.

Tanya jawab tersebut, menurut laporan wartawan Kompas J Osdar, berlangsung
dalam acara dialog antara warga Indonesia di Afsel dengan Presiden di
kediaman Dubes RI untuk Afsel.

Menurut Presiden, Tim yang dibentuk Menko Kesra Jusuf Kalla juga menanyakan
asal para TKI yang pulang tersebut. Ternyata, tidak jelasnya identitas para
TKI itu menyulitkan penanganannya. Misalnya, kata Megawati, banyak TKI yang
mengatakan berasal dari Jawa Timur (Jatim), tetapi ternyata setelah diteliti
mereka hanya transit di Jatim. Padahal mereka datang dari Flores, Nusa
Tenggara Timur (NTT).

Megawati mengatakan, menurut pihak Pemerintah Malaysia, TKI yang bermasalah
adalah mereka yang ilegal. Berdasarkan peraturan yang berlaku di Malaysia,
katanya, TKI ilegal inilah yang diminta untuk segera kembali ke negara
asalnya.

"Sebelum saya berangkat ke luar negeri, berita-berita semacam ini sangat
mencuat di koran-koran Jakarta dan memang mulai begitu banyak yang keluar
dari Malaysia dan menuju ke beberapa tempat. Hanya, yang terekspose secara
kuat adalah yang lewat Nunukan, karena konsentrasinya di sana memang cukup
besar," kata Megawati.

Siang kemarin, Menteri Luar Negeri (Menlu) Hassan Wirajuda mengatakan,
Presiden sempat menerima Wakil Perdana Menteri Malaysia Abdullah Badawi.
Menurut Menlu, "Masalah TKI ini sebenarnya bukan masalah yang baru, tetapi
masalah lama yang sudah kita tangani." Ia menekankan, masalah TKI harus
tetap ditempatkan pada konteksnya.

Dijelaskannya, kerangka pengaturan TKI ilegal ini bukan hanya mengembalikan
mereka ke kampung halaman, tetapi juga mengatur kembalinya mereka ke
Malaysia dengan memberi dokumen resmi karena permintaan dari majikan mereka
di Malaysia.

Menurut Menlu, ada komitmen dari pihak Malaysia untuk mempermudah pulangnya
TKI ke Malaysia secara legal.

Ia menunjukkan sekitar 50 persen dari 180.000 TKI ilegal di Malaysia telah
kembali sebelum 31 Juli 2002. "Sisanya sekitar 30 persen ada masalah karena
mereka umumnya menunggu sampai batas waktu 31 Juli. Hal ini disebabkan
antara lain karena pilihan mereka sendiri dan ada pula yang karena ditahan
oleh majikan mereka di Malaysia yang mengkhawatirkan kehilangan tenaga
kerja," katanya.*

-------------------------------------------------------------
Info & Arsip Milis Nasional: http://www.munindo.brd.de/milis/
Nasional Subscribers: http://mail2.factsoft.de/mailman/roster/national
Netetiket: http://www.munindo.brd.de/milis/netetiket.html
Nasional-m: http://redhat.polarhome.com/pipermail/nasional-m/
Nasional-a: http://redhat.polarhome.com/pipermail/nasional-a/
Nasional-f:http://redhat.polarhome.com/mailman/listinfo/nasional-f
------------------Mailing List Nasional----------------------