Subject: [Nusantara] Demo, gaji ndak cukup

From: "gigihnusantaraid <[email-masked]>" <[email-masked]>
Date: Tue Feb 11 05:00:17 2003

Pernah buruh Maspion, industri dengan puluhan ribu karyawan, serentak 
demo nuntut agar UMR, upah minimum regional, dinaikkan. Demonya 
seperti nutup jalan Surabaya-Malang, sampai macet pol.

UMR Jatim, kalau nggak salah, sekarang 450-rebu sebulan. Dengan uang 
segitu buruh akan menyesuaikan cara hidupnya, untuk makan, kos, beli 
pakaian kapan-kapan, nyekolahkan anak, dan untung bisa pas, gak mikir 
nabung, lumayanlah.

Gara-gara BBM naik kapan itu, semuanya jadi mahal. Duit yang segitu 
tadi, mungkin, atau pasti, sudah tak cukup. Wong sebelum harga pada 
demo naik sudah mefet-fet, kok.

gaji kurang juga melanda semua orang, berpenghasilan tetap. Termasuk 
juga pilot Garuda, yang bersamaan dengan momentum demo mahasiswa 
menuntut kenaikan harga BBM (dkk) karena rakyat jelas sangat berat 
untuk mempertahankan hidupnya. Boro-boro nabung buat hari depan.

Pilot Garuda juga nuntut gajinya diperbaiki. sampai di sini masih 
sama dengan demonya buruh nuntut UMR, yang belakangan naik, benar-
benar dinaikkan, jadi 450 rebu itu.

Para pilot Garuda kabarnya juga minta agar sesuai dengan UMPPU (upah 
minimum pilot pada umumnya), di mana yang senior minta agak lebih 
sedikit dari 80-juta sebulan. Kalau para pilot bisa meniru hidupnya 
buruh ber-UMR 450-rebu sebulan, pasti pilot masih ada kelebihannya 
untuk nabung. Cuma di sini perbedaannya dengan buruh tadi.

(mari semua demo, pumpung pemerintah lagi mumet)