Subject: [Nusantara] "WAHANA" : AS ANCAM PERDAMAIAN DUNIA

From: "Ra Penak" <[email-masked]>
Date: Fri Sep 13 11:15:07 2002

"WAHANA" : AS ANCAM PERDAMAIAN DUNIA

AS Ancaman Perdamaian Dunia
* Mandela: Orang-orang Di Sekitar Bush Kecuali Menlu Colin Powell Adalah 
Dinosaurus

WASHINGTON (Antara/AFP): Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela dalam 
satu wawancara yang disiarkan secara luas Selasa (10/9) mengatakan bahwa AS 
menempatkan ancaman bagi perdamaian dunia sehubungan dengan pandangannya 
terhadap serangkaian kebijakan luar negeri keliru AS selama beberapa 
dasawarsa terakhir.
"AS melakukan kesalahan serius dalam melaksanakan urusan luar negerinya, 
yang patut disayangkan setelah keputusan itu diambil," kata Mandela kepada 
majalah Newsweek.
"Jika anda memandang permasalahan itu, anda akan memperoleh kesimpulan bahwa 
perilaku AS merupakan ancaman bagi perdamaian dunia," katanya, dan menunjuk 
pada tindakan terburuk AS yang "menyabotase" keputusan PBB tentang penarikan 
pasukan Uni Soviet dari Afghanistan.
Menurut Mandela, keputusan AS untuk mempersenjatai dan mendanai gerakan 
Mujahidin di Afghanistan menyusul penyerbuan Soviet ke negara itu tahun 1979 
pada akhirnya menaikkan pamor rejim Taliban.
Dia juga mengatakan, dalam pandangannya, dukungan AS yang tidak bermutu 
terhadap Shah Iran secara langsung memicu munculnya revolusi Islam tahun 
1979.
Mandela juga mengatakan, dengan menyiapkan aksi militer melawan Irak, AS 
"mengatakan...jika anda mengkhawatirkan veto Dewan Keamanan, anda dapat 
membelot dan beraksi serta melanggar kedaulatan negara-negara lain."
"Itulah pesan yang mereka sampaikan kepada dunia," kata mantan pemimpin 
Afrika Selatan tersebut. "Hal itu mesti dikecam melalui cara yang paling 
keras."
Mandela mengatakan keyakinannya bahwa Wakil Presiden Richard Cheney dan 
Menteri Pertahanan Donald Rumsfeld, yang menyarankan langkah keras terhadap 
Irak, melakukan "kesalahan" dalam mengarahkan Presiden George W. Bush.
"Orang-orang di sekitar Bush adalah dinosaurus, yang tidak menginginkannya 
berada di alam modern," kata mantan presiden itu. "Satu-satunya pria yang 
ingin membantu Presiden Bush berada di jaman modern adalah Menlu Colin 
Powell."
Mandela, 84, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh rejim minoritas 
kulit putih Afrika Selatan tahun 1964 karena menyarankan perjuangan 
bersenjata terhadap rejim apartheid.
Pemimpin Kongres Nasional Afrika itu dibebaskan tahun 1990 guna memimpin 
negaranya dalam masa peralihan menuju pemilihan umum yang tidak rasial.

_________________________________________________________________
MSN Photos is the easiest way to share and print your photos: 
http://photos.msn.com/support/worldwide.aspx