Subject: [Nusantara] "rovicky" <explore@c> : Re : Pendidikan perlukah?

From: "INFO PRAKTIS-KOMPUTER" <[email-masked]>
Date: Wed Sep 4 10:50:54 2002

"rovicky" <explore@c> : Re : Pendidikan perlukah?
3 Sep 2002 11:03:40 -0000

Problematika seperti ini muncul ketika kita selalu berusaha
menghubungkan antara : niyat(tujuan) -> proses -> hasil
Sudah jelas bahwa sekuensial ketiganya ini bukan merupakan
kausatis ... bukan merupakan hukum sebab-akibat yang sederhana
saja ... bukan sebuah proses lurus yang bisa secara mudah ditinjau
ulang untuk di-inversikan.

Ini mengajak kita untuk berjalan majuuu terus... melihat kebelakang
bukan untuk mengulang karena proses berjalan musti maju terus
(irreversible) karena kondisi lingkungan serta materinya sudah
berubah ...  (kok kayak entropi yah :)
Kondisi saat ini ndak sama dengan tahun lalu ...
Anak kecil sekarang beda dengan aku wektu kecil dulu ...

Meamng sih ...
- Sekolah tidak menjadikan kamu pinter, tapi kamu musti belajar ...
mau belajarnya di sekolah atau di pasar atau di rumah ya ndak apa-apa
- Bekerja bukan menjadikan kaya, tapi musti tetep berusaha ... entah
menjadi pekerja atupun pengusaha
- Walopun berhati-hati masih juga ada kecelakaan, tapi musti tetep
waspada, kan ...

Kemaren tulisan mirip ditulis sama Purdhi E Chandra (bosnya
Primagama) yang bilang ndak perlu sekolah ... padahal dia sendiri
bikin sekolahan ... piye jal ? Rak ngawur kabeh ...

Jadi pendidikan sampai tinggi tetep perlu ... karena belajar
merupakan bagian dari usaha atau proses. Jangan terkesima dengan
hasilnya doank ....
Aku kok masiiih yakin juga bahwa ... sesuatu itu munculnya ndak
disangka-sangka ...

we have to be rady for expecting of an unexpected thing ...
Nek jarene ....
- Ojo kagetan !! termasuk ojo kaget nek ono "another QSar", "another
TKI", "another Poso" ... Kalo ada issue semua langsung tertuju
kesana, jangan sampek lupa mandi :)
- Ojo gumunan !! ndak usah heran
- Ojo dumeh !! jangan mentang-mentang ...

aku tambahini satu : Ojo kebangeten !! .... soale yang bilang diatas
emang kebangeten .... ampek lupa turun tahta ...

mBalik soal pendidikan ... yang dimaksud pendidikan oleh orang-orang
sukses tersebut adalah "sekolah an sich" atau pendidikan formal
termasuk kursus jugak looh ... duduk manis dikelas, dengan tangan
sedakep dimeja, dan Pak Guru membawa penggaris dengan keras
membaca "ini ibu budi ... ibu budi di dapur ... dst dst "  ... Atau
di kurus komputer dengan satu meja satu komputer diminta ngetik pakai
word udah dibilang bisa komputer .... padahal sekolah (pendidikan
formal) hanyalah merupakan bagian dari proses pendidikan secara
utuh ...
jadinya ya ... ndak usah kaget lah yaw ...

Lagian kalo yang ditengok dan dibandingin cumak billgates, cumak
limswee liong, cumak mbah harto dll .... (ben wae tak
bilangin "cumak" biar ndak silau kalao denger nama itu) berapa sih
jumlahnya orang 'sukses' itu di dunia ini ? coba deh  berapa
persekian dari jumlah manungsa ?
Maukah atau beranikah beradu dengan seper sejuta kemungkinan ? Ini
percis kayak kasus MLM yang berupa piramid jugak looh ... Kalo maunya
jadi manager yang bener ya rebutan ... di kantor-kantor itu manager
bagian ya cumak satu ... presiden di setiap negara ya satu .... Lah
wong cumak satu kok dipakai untuk korelasi ... wiiisss jiaaan ...

jadi walopun ndak menjadikan pinter, ndak menjadikan kaya, ndak
menjadikan slamet ... TETEPLAH BELAJAR !!!

salam,
rdp

_________________________________________________________________
Send and receive Hotmail on your mobile device: http://mobile.msn.com