[Marinir] Re: [nasional-list] [marinir.mil.id] Marinir Damaikan Bentrok IKP & PP Belawan.

Danardono HADINOTO rm_danardono at yahoo.de
Fri Aug 13 15:07:03 CEST 2004

Masih kisah KKO.

Di-saat2 akhir pemerintahan bung Karno, ayah saya almarhum diangkat menjadi Ketua dewan yang baru dibentuk: MAPENAS, Majelis Pendidikan Nasional, yang bertugas meng-koordinasikan seluruh kebijaksanaan pendidikan, sipil dan militer (membawahi Sesko2). Nah, wakil bapak, adalah pak Jendral KKO Suhadi (pendiri KKO). ketika G30S meletus, KKO memberikan pengawalan rumah kami, yang membuat kami gembira, karena dimalam itu kami hanya tahu, ini ada gebuk2an antar AD. Jadi KKO dari AL lebih netral.

Di-hari2 pertama bullan Oktober 1965 itu, saya bertemu dengan kawan2 KKO yang bertugas di Cakrabirawa (kantor ayah sebagai wakil ketua DPA ada didalam wilayah istana yang dijaga Cakra), yang menceritakan mengenai teman2 mereka yang baru pulang dari operasi di Kalimantan utara, dan kembali ke Jatim, kesatrian Wonokitri. Banyak diantara mereka yang pulang kerumah ayah ibu, yang sudah tiada isinya, karena keluarga mereka diciduk AD.

Betapa memilukannya.

Salam

Danardono

wiwied iskak ismuwidarto <hinemato at yahoo.com> wrote:
--- "HINU E. SAYONO" wrote:
> BRAVO KORPS MARINIR !!!
>
> JALESU BHUMYAMCA JAYAMAHE.
>
> Salam,
> HES

"HEROIKNYA KORPS MARINIR : Sebuah Kisah Medio 1960-an"

Mas Hinu yg budiman,
Cerita ini saya dapatkan dari ayah saya (almarhum)
serta kakak-kakak saya (karena saya anak bungsu, yg
lahir akhir tahun 60-an, sehingga tidak ingat kejayaan
Korps Marinir / KKO kita).

Pada tahun 1960-an (pasca tragedi 30 September
1965)rumah kami ada di Jl. Tukangan Yogyakarta, waktu
itu masih termasuk RK (Rukun Kampung) Tegal Kemuning.
Saat itu karena situasi politik mulai memanas, ayah
saya memutuskan untuk memindahkan keluarga (ibu +
kakak2 saya) ke Kampung Tukangan (sekitar 50 meter
masuk gang / jalan kampung) tepatnya di Tukangan DN
III/366-A.

Pertimbangan pindah tersebut karena hampir setiap
malam di kebun belakang rumah Jl. Tukangan selalu
dipakai untuk acara Pemuda Rakyat & Lekra, dan pagi
harinya selalu dilakukan sweeping oleh RPKAD.

Adanya kedua kegiatan di atas tersebut sangat
mengganggu aktivitas belajar kakak2 saya yg masih
bersekolah (ada 5 orang kakak saya yg pd waktu itu
bersekolah di SMA 6, SMA 4 dan SMP 5)

Setelah kami sekeluarga pindah ke dalam Kampung,
ternyata rumah kami di Jl. Tukangan tsb kemudian
di-aneksasi oleh RPKAD dg alasan untuk operasi
pengamanan, sehingga setiap kakak2 saya akan
bersekolah atau mengambil buku yg tertinggal selalu
diintimidasi oleh para RPKAD tersebut.

Dengan bantuan Pemuda Marhaenis (GPM), keluarga kami
diperkenalkan kepada salah satu Komandan KKO yg ada di
Markas Bintaran yg dipanggil Pak Is (nama lengkapnya
saya lupa). Atas bantuan beliau, selanjutnya setiap
kali berangkat & pulang sekolah kakak2 saya selalu
dikawal oleh satu atau dua orang KKO anak buah beliau.
Hubungan keluarga kami dengan para anggota KKO tsb
kemudian makin akrab sehingga rumah kami di Kampung
Tukangan DN III/366-a tsb kemudian menjadi "markas
tidak resmi"-nya KKO, karena hampir setiap malam
selalu diadakan pertemuan atau konsolidasi antara GPM
dg KKO.

Bahkan setiap kali diadakan pawai atau rapat
GSNI/GMNI/GPM di Alun-alun Utara, dari Panti Marhaen
Gondomanan selalu mereka mendapatkan pengawalan dari
KKO.

Menurut penuturan Ibu saya, kira2 2 bulan sebelum saya
lahir, dengan bantuan KKO maka akhirnya rumah kami di
Jl. Tukangan dapat kembali kami tempati. Dan untuk
mengenang jasa mereka, akhirnya ayah saya menambahkan
nama "Is" di depan nama kami anak2nya (Is Mudjiono,
Ismujilah, Is Subardinah, Isbandiyah, Ispurwanto dan
saya Ismuwiedarto).

Demikian sepenggal kisah yg menjadi bukti keberpihakan
kepada rakyat dari Korps Marinir kita,
JALESU BHUMYAMCA JAYAMAHE!

Merdeka!

-ismuwiedarto/paimo-

Yahoo! Domains - Claim yours for only $14.70
http://us.click.yahoo.com/Z1wmxD/DREIAA/yQLSAA/yR.olB/TM

http://docs.yahoo.com/info/terms/