[Marinir] Fw: [TeknologiStrategiMiliter] Riffles for amphibious commando assault

Yap Hong Gie ouwehoer at centrin.net.id
Mon Oct 11 12:26:43 CEST 2004

----- Original Message -----
From: Doddy Samperuru <samperuru at labuan.oilfield.slb.com>
To: <TeknologiStrategiMiliter at yahoogroups.com>
Sent: Monday, October 11, 2004 4:48 PM
Subject: Re: [TeknologiStrategiMiliter] Riffles for amphibious commando
assault

At 04:42 AM 10/9/2004 -0700, mouse gun wrote:
>Photo pertama:
>
>Apakah tabung di ujung laras itu bukan silencer pak Doddy?
>Melihat bentuk magazine yg digunakan rasanya senjata ini cal. 556mm.
>Milled receiver!!  Heran juga masih ada yg mau produksi milled receiver
>AK.  Kan lebih lama produksinya, lebih mahal dan lebih berat bagi si
operator.

Terima kasih atas koreksinya Pak MG. Benda yg dipegang tangan kiri itu
memang bukan GL, melainkan sepertinya muzzle booster. Anehnya, AKS-74U
biasanya mempunyai muzzle booster dulu lalu di ujungnya baru cone flash
reducer. Yg di gambar sepertinya terbalik, for whatever reasons. Satu lagi,
folded stock AKS-74U umumnya dilipat ke samping kiri. Yg di gambar,
tampaknya dilipat ke atas & bentuknya berbeda (bukan segitiga seperti
desain aslinya).
Si operator Kopaska tsb harus dijungkir & dibilangin bahwa memegang muzzle
adalah not good idea at all.
BTW, AKS-74U Kopaska ini sangat2 jarang dipublikasikan. Mungkin jumlah yg
dimiliki sangat terbatas.

> [...]
>sabotase kapal musuh.  Taifib lebih merupakan unit recon tempur
>marinir.  Mereka masuk ke daerah musuh dan terus melakukan pengintaian
>daerah pantai atau daratan disekitar pantai.  Diantara yg harus mereka
>siapkan adl studi kelaikan apakah pantai tsb layak digunakan utk
>pendaratan amphibi dalam skala lebih besar.  Mirip dengan UDT AS di
>WW2.  Denjaka .... well, ini satuan anti terror dan operasi2 khusus
>lainnya.  Setahu saya anggota2 Denjaka sudah memiliki kualifikasi sbg
>Paska, Taifib or both. Ada keterangan yg lebih lengkap?

Foto didapat dari Gettyimages. Captionnya dlm English: Indonesia elite Navy
Seals sedang drill anti teror di Kep. Seribu, Sep 2003. You're right,
sepertinya ini memang mereferen lebih ke Denjaka, bukan Kopaska. Apalagi
penampilan mereka (terutama dari potongan rambut) memang sepertinya dari
unit gultor. Seperti diketahui, banyak operator Denjaka atau Den-81 memang
tidak berpenampilan seperti tentara (kalo sempat jalan2 ke dalam markas
Kopassus Cijantung melihat ada orang2 berPDL tapi tak berambut cepak,
menenteng2 riffle bersepatu kets, tak seperti tentara, nah kemungkinan
mereka enggota Den-81).
Kok mau difoto ? Mungkin perintah komandan sebagai bahan publikasi.
Taifib Kormar ? Rasa2 bukan melihat postur mereka. Taifib Kormar 100%
berpenampilan soldadu.
Soal rekon & tim advance, sebetulnya Kopaska juga berkualifikasi yg
beginian. Mungkin Taifib dipilih dari unggulan Kormar. Kopaska dipilih dari
unggulan Taifib & Denjaka disaring dari Kopaska.

Salam,
Doddy