[Marinir] Bagaimana mencegah terulangnya peristiwa Mei 1998

Yap Hong Gie ouwehoer at centrin.net.id
Wed May 9 07:46:28 CEST 2007

Beberapa hari yang lalu saya dihubungi seorang staf redaksi dari sebuah TV
swasta, untuk memberi informasi dan diperkenalkan pada pihak yang tahu
banyak soal korban etnis Tionghoa pada Peristiwa Mei '98.

Biasanya saya selalu membantunya dengan me-refer kepada pihak yang
bersangkutan atau yang kenal dengan ybs.
Tetapi kali ini secara tegas saya menolaknya; "Saya tidak bersedia
membantu Anda karena saya tidak setuju dengan program peringatan Mei'98".

Karena terdengar kaget maka saya jelaskan bahwa, kerusuhan berdarah
Mei'98 bukan semata-mata tragedi bagi etnis Cina tetapi merupakan
malapetaka bagi seluruh bangsa.

Kalau pada setiap peringatan Peristiwa Mei'98 yang diangkat hanya
korban dari etnis Cina, bagaimana dengan opini dari keluarga ratusan
korban pribumi yang tidak pernah jelas jumlah dan identitasnya?

Apakah ini tidak menimbulkan kecemburuan baru, yang efeknya justru
kontraproduktif bagi etnis Cina sendiri?

Selain banyak cerita-cerita bohong mengenai tragedi Mei'98, ada
pihak-pihak yang memanfaatkan exposure ini untuk menjual-belikan suaka
politik di AS.

Saya bilang, "kalau diperlukan saya siap untuk mendiskusikan hal ini
dengan pimpinan redaksi Anda".

Kawan saya paham sekali dan akan menyampaikan pada tim redaksi medianya.

Wassalam, yhg.