[Nusantara] "Untuk Indonesia" : Rachmawati Tantang Mega

Ra Penak edipur@hotmail.com
Mon Sep 2 10:18:26 2002

"Untuk Indonesia" : Rachmawati Tantang Mega
31 Aug 2002 07:01:41 -0700 (PDT)

saat detik-detik proklamasi, saya menonton wawancara
metro tv dengan rachmawati, ingin saya mendengar
argumen-argumen kritis dari putri bung karno yang
menyatakan diri lebih 'sukarno' ini.
tapi sungguh saya kecewa, karena komentar beliau lebih
cenderung 'membabi buta', menurut saya beliau
menjadikan politik lebih pada persaingan kakak-adik
daripada memikirkan nasib bangsa, dengan tegas dalam
wawancara itu beliau katakan tidak setuju UUD
diamandemen, beliau juga mengkritik pemerintah yang
tidak menampilkan bendera pusaka dalam acara
pengibaran bendera di istana... alasannya, karena bisa
merupakan simbolik bahwa negara ini sudah bukan
'indonesia'... ck ck ck... beliau bahkan lebih
terdengar 'konservatif' daripada megawati dan bahkan
terkesan ingin semua hal yang berbau sukarno tetap
menyala sebagaimana ketika sukarno masih hidup. Saya
setuju, bagi saya Sukarno adalah 'orang besar'
Indonesia... saya pengagum beliau beserta ajarannya
dan saya setuju kita harus selalu belajar pada
sejarah... tapi marilah mulai melepaskan hal-hal yang
terlalu 'simbolik' dan lebih pada makna yang
sebenarnya... lebih pada inti ajarannya...

RP

MSN Photos is the easiest way to share and print your photos: