[Marinir] Satgas MAR TNI Muara-Rawa

Hong Gie marinir@polarhome.com
Sat, 26 Jul 2003 12:29:47 +0700

Sebenarnya belum banyak terungkap mengenai operasi TNI di wilayah
muara -rawa dimana sering kali terdengan satuan GAM yang tiba-tiba muncul
dan menghilang diwilayah muara-rawa di Aceh.
Jumat siang 25/07/2003, Elshinta mewawancarai life (dari Aceh) Kapt. MAR
Heru dari satuan Muara-rawa yang dibawah komando Kol. MAR. Alfan
Baharudin (DAN BRIGIF BS Cilandak).
Kol. MAR Alfan, mantan Komandan Detasemen Jala Mangkara (DEN JAKA),
boleh dikata adalah 'the most distingish Marine officer in acton, in his
rank',
sering disebut oleh teman-temannya adalah spesialis Aceh.
Dalam interview oleh wartawan Elshinta di Aceh kemarin, selain Kap MAR Heru,
juga diwawancarai seorang tawanan GAM, dimana  mendengar bahwa GAM
mempunyai satuan Marinir juga yang cukup tangguh.

Saya menghubungi kawan saya dari Satgas MAR TNI Muara-rawa per SMS,
mengenai perihal diatas dan malamnya mendapatkan jawaban sbb:

"Dari jaman DOM sampai sekarang Mar GAM baru ktmu lawan yg pas yaitu
satgas muara-rawanya P Alfan.  Struktur orgs Mar GAM ada juga, basis di
daerah rawa-rawa dr Peurlak sampai Muara Penaga berbatas dg Pangkalan
Susu, skrg slrh muara didaerah tsb dkuasai  P Alfan dan slrh alur sungai di
obok2 Mar TNI."

Kita doakan agar TNI dapat segera menyelesaikan tugasnya dengan sukses,
untuk segera dapat kembali dalam keadaan sehat walafiat, selanjutnya dapat
berkumpul kembali ditengah keluarganya masing-masing.

Wassalam, yhg.