[Marinir] Re:Mereka Dihujat, Dicaci & Di Butuhkan - PRAJURIT SEJATI TIDAK MENGARAHKAN DADANYA KE RAKYAT - AL & AU LEBIH SIAP

BDG Kusumo bdgkusumo at volny.cz
Thu Aug 26 07:47:33 CEST 2004

Mas Kaboel yth.,

menarik sekali ini uraiannya dan juga diskusi sekitar curahan hatinya Sdr A. Amir S itu.
Saya pikir akan baik sekali bagi kita semua yang di dunia maya ini kalau ada yang dapat menayangkan secara lengkap RUU TNI supaya dapat ikut mengetahuinya.
Disamping spt katanya Adimiral B. Sondakh yg Panglima AL bhw hal ini diserahkan saja pada DPR untuk membahasnya, masyarakat juga supaya tahu sebanyaknya
karena ini terkait pada sistem penyelenggaraan negara kita untuk masa yang seterusnya "sampai akhir jaman".

Selain itu saya ingin bertanya apakah sistem Kodam sampai Babinsa itu sekarang benar-benar masih berfungsi terus secara seperti awalnya, dan kapan semuanya
ini dibentuk dan mulai diberlakukan? Maaf Mas ini saya tanyakan krn kelihatannya panjenengan banyak tahu tentang hal ini, dan beberapa bulan yang lalu Dr Salim
Said kesini (Praha, Rep. Ceko) kami diskusi ria di KBRI namun hal ini tidak termunculkan.

Untuk Pak A. Amir S yth saya yakin tidak usah terlalu kuatir. Sebuah pergantian sistem memang selalu mengundang banyak tanda tanya. Kiranya malah akan baik
kalau TNI kita akan cepat menjadi angkatan militer yang profesional, berada kokoh dalam sistem pertahanan dari sebuah negara demokratik yang tentu saja dan dimana saja berlaku supremasi sipil. Dimana nanti apakah yg spt Dwight "Ike" Eisenhower atau Menlu AS Powell tak ada masalah samasekali jadi presiden dll.

Angkatan bersenjata Rep. Ceko yang telah diperkecil namun di up grade profesionalisme juga tenang saja, anggauta cukup sejahtera seperti jajaran sistem lainnya dalam
negera ini. Dalam NATO kini mengambil spesialisasi perang dan anti-teror bidang kimia dan radioaktif, karena ketika Perang Teluk I hanya mereka yg dapat mendeteksi
adanya "senjata kimia" yg waktu itu diudara sana, sampai AS bengong, ttp lalu diam tidak mau bicara dari mana. Kini batalyon kimia Ceko ikut menjaga Summer
Olympics di Athens, Yunani. Kelompok-kelompok tentara dari negeri-negri NATO lain latihan disini, tentu saja mbayar, jadi nambah dananya. Memang pendanaan
100% dari ABPN yang berasal dari para pembayar pajak, alias masyarakat luas dari konglomerat sampai wong cilik.

Terimakasih,
Wassalam, Bismo DG