[Marinir] Usulan untuk membuat unofficial web sites untuk Marinir TNI-AL

Combat Diver Amphibious at udtseal.com
Sun Feb 8 01:52:01 CET 2004

Kepada semua anggota mailing list Marinir

Saya telah melihat beberapa situs unofficial tentang profil, history, operasi, dll. dari pasukan pasukan khusus baik AD,AL,AU,POLISI dari berbagai negara. Saya juga menemukan beberapa situs yang hanya mengulas tentang satu unit pasukan khusus dari salah satu kematraan di angkatan bersenjata seperti situs US. NAVY SEALs, USMC a.k.a Uncle Sam Missguided Child (sebutan olok olok untuk US. Marines Corps). Yang patut kita nilai adalah betapa sipembuat websites membanggakan kesatuan tersebut sekalipun banyak diantara mereka bukan operator atau mantan operator di kesatuan tsb.

Satu lagi yang menambah keprihatinan saya adalah betapa generasi muda kita saat ini lebih mengenal dan membanggakan US.NAVY SEALs, DELTA FORCE, RANGER,Green Berrets, 101th AIRBORNE DIV, 82nd AIRBORNE DIV. dll. dibanding KORMAR TNI-AL, TAIFIBMAR TNI-AL, KOPASKA TNI-AL, DENJAKA (yang terakhir ini mungkin bisa dimaklumi karena memang selama sekian tahun ini seolah olah tidak diakui keberadaan karena sifat kerahasiaan sebagai satuan taktis andalan TNI-AL). Beranjak dari fenomena seperti itu, saya ingin mengajak saudara yang punya kedekatan dan kebanggaan kepada korps Marinir TNI-AL untuk lebih memupuk kebanggaan akan Korps yang telah banyak berjasa bagi negara dan rakyat Indonesia ini. Diakui atau tidak namun sudah terbukti bahwa ternyata Marinir memiliki kelebihan kelebihan dibanding pasukan lain sehingga Marinir mendapat tempat tersendiri yang terhormat di hati mayoritas rakyat Indonesia.

Bagaimana tanggapan saudara saudara atas usul dan ajakan saya yang mungkin berlebihan (namun saya rasa tidak) ini?

Jalesu Bhumyamca Jayamahe