[Nasional-m] Re: [wanita-muslimah] Re: ayeye => Western & Islamic (Probelm SI).

Ambon nasional-m@polarhome.com
Sun, 12 Jan 2003 20:30:23 +0100

Netters yang terhormat,

Bagi yang tidak mempunyai pengetahuan dasar dalam ekonomi politik akan bisa
keliru dengan pengertian Barat, sebab pada dasarnya bukan lokasi geografis
yang menjadi pokok, tetapi sistem ekonomi dan polittiknya adalah akar utama
negeri-negeri Europa Barat dan USA.

Harus disadari bahwa dalam pengertian sistem politik dan ekonomi "Barat",
itu termasuk pula Jepang. Padahal sesuai lokasi geografi Jepang itu letaknya
di Timur Jauh.

Kurang lebih 10- 15 tahun silam Malaysia mempunyai semboyan "Look East"
[Dengan kelakar saya katakan kepada teman-teman Malaysia, bahwa secara
geografis Malaysia berada  diTimur, lantas kalau lihat ke Timur itu
kemana? Tetatpi, kalau mau ngotot karena dunia ini bundar maka bila kita
jalan terus ke jurusan Timur akhirnya kita berada di Barat, jadi daripada
mutar-mutar lebih baik bilang bilang "Look West"], yang dimaksudkan mereka
ialah mengambil contoh dari Jepang, sistem ekonomi politik kapitalis Jepang.
Jadi kalau kita hanya berkisar pada pengertian "Barat" akan bisa mengaburkan
penilaian umum yang kurang pengetahuannya.

Saya kira lebih bagus kalau dipakai terminologi yang lebih jelas, seperti
sistem kapitalis, atau negeri-negeri kapitalis industri maju, karena dengan
begitu dalam memantau masalahnya akan bisa memberikan pengertian yang jelas
dari pada pengertian geografis.

Mengenai "Protestantisme", saya kurang tahu bagaimana membandingkannya
dengan Syarat Islam. Entah ada comparative study tentang masalah ini.

Tetapi, dalam comparative study, kalau tidak salah oleh Lewis et al(?),
dilakukan perbandingan antara dua negeri, yaitu Australia dan Argentina.

Kedua negeri ini luas, jumlah penduduknya hampir sama, mulainya berdiri
kedua negara ini hampir sama tahunnya, mayoritas penduduk terdiri dari
emigran Europa Barat,
tetapi yang beda adalah aliran agamanya. Agama mayoritas di Australia adalah
Kristen Protestan sedangkan Argentina adalah Kristen Katholik.

Perbandingan yang diadakan antara kedua negeri ini menghasilkan pendapat
bahwa Australia lebih maju dan  tingkat hidup penduduknya dsbnya daripada di
Argentina.[Harap jangan diartikan bahwa Tuhan lebih memberkati
para penganut Protestantisme dari pada agama-agama lain!!!]

Beberapa tahun belakangan ini agaknya ada pula tulisan tentang Korea Selatan
yang dikaitkan dengan doktrine Protestantisme, karena kalau tak salah
mayoritas penduduk
Korea Selatan memeluk Protestantisme.

Salah satu semboyan dalam protestantisme kalau ingatan saya masih segar
ialah Ora et Labora [bahasa  Latin], yang artinya sembayan dan bekerja. Jadi
katanya harus bekerja betul, berdisiplin baik dan berdoa kepada Tuhan, kita
pasti dilimpahi berkat kata teoritikus protestantisme.

Jadi berbicara tentang korupsi, agaknya sesuai data-data statistik di
negeri-negeri yang mayoritasnya menganut protestantisme masalah korupsi
tidak seberapa berat bila
dibandingkan dengan negeri-negeri berpaham lain.

Dari pada debat atau diskusi yang seringkali bisa dianggap atau dituduh
memojokan, mengfitnah sesuatu agama tertentu, maka ada baiknya untuk
menghidarkan "salah pengertian" yang tidak diinginkan, hendaklah diadakan
penyelidikan dengan data lengkap.

Bagi para cendikiawan, politikus, mahasiswa atau siapa saja yang bekecimpun
atau mau tahu tentang ekonomi dan politik, saya kira membuat studi
perbandingan adalah tema bagus. Semoga  hasil penyelidakannya akan
bisa disebarkan menjadi milik umum dan IsnyaAlloh dengan bahan-bahan
penyelidikan yang obyektif itu bisa membuat kita semua menjadi lebih cerdas
lagi dari masa silam sehingga tidak mudah dikibulin oleh pihak-pihak yang
tidak bertanggung jawab.

Yang mau membantah, menambah, atau mengurangi coretanku ini dipersilahkan
dengan hormat,

Rakyat pintar, negeri maju!

Wassalam,