[Nusantara] TRAGEDI BALI

gigihnusantaraid gigihnusantaraid@yahoo.com
Fri Oct 18 09:24:42 2002

TRAGEDI BALI
Date: Mon, 14 Oct 2002 02:34:35 +0700

Mengikuti perkembangan negara kita selama ini, sebenarnya kita sudah
dapat memprediksi bahwa akan terjadi suatu insiden berdarah. Secara
pribadi, saya memperkirakan akan terjadi suatu clash massa dibarengi
pembakaran dan penjarahan, yang lebih parah dengan waktu yang lebih
lama, dari pada  kerusuhan Mei'98.

Namun, saya tidak menyangka tragedi ini terjadi demikian dini dan
mengambil tempat didaerah seperti Bali, dimana cara eksekusinya
direncanakan begitu keji dan pengecut, dimana target massa sama
sekali tidak diberikan kesempatan memilih untuk membela diri ataupun
untuk melarikan diri, apalagi melihat bobot serangannya yang demikian
dahsyat.
Siapun orangnya yang melakukan perencanaannya, para pelakunya itu
sendiri, maupun para fasilitatornya, memiliki kejiwaan yang sudah
mencapai tingkatan sedikit dibawah iblis.

Kepada para korban yang meninggal dan korban yang luka, serta para
keluarga korban, saya menyampaikan turut berduka cita dengan rasa
keprihatinan yang sangat mendalam. Semoga Tuhan meringankan segala
penderitaan dan kesengsaraan kalian.

Wassalam, yap hong gie.