[Nusantara] Gus Dur: Penundaan Pembayaran Utang Membuat Jengkel AS

gigihnusantaraid gigihnusantaraid@yahoo.com
Fri Oct 25 04:04:55 2002

Gus Dur: Penundaan Pembayaran Utang Membuat Jengkel AS
dan Jepang

Magelang, CyberNews. Ketua Dewan Syuro Dewan Pimpinan
Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) KH
Abdurrahman Wahid mengatakan, penundaan pembayaran
utang luar negeri Indonesia 5 tahun membuat jengkel
negara lain. Termasuk Amerika Serikat dan Jepang.

Hal itu dikatakannya dalam haflah at tasyakkur lil
ikhtitam ke 59 Asrama Perguruan Islam Pesantren
Tegalrejo, Kabupaten Magelang, kemarin. "Besarnya dana
yang ditunda pembayarannya tadi mencapai 230 miliar
dolar Amerika," katanya.

Jika PKB memenangi Pemilu 2004, katanya, uang sebanyak
itu akan digunakannya untuk menaikkan gaji PNS dan
TNI-Polri sekitar 100 miliar dolar Amerika.

"Agar PNS tidak lagi KKN. Dan tak ada lagi pula oknum
anggota TNI-Polri yang menjadi backing perjudian,"
katanya.

Selebihnya dimanfaatkan untuk memberikan kredit UKM
(usaha kecil menengah) dengan bunga rendah, sekitar
5%/tahun. Target yang akan dicapai, usaha para
pengusaha kecil dan menengah menjadi maju. Pemasukan
dari pajak meningkat.

"Setelah pemasukan negara dari pajak meningkat banyak,
pemerintah pusat tak perlu lagi rebutan dengan Pemda.
Saya dengar informasi, ada pemotongan DAU (Dana
Alokasi Umum) sampai 40%. Padahal saya dengar pula,
ada Pemda yang pemasukan daerahnya hanya dari
retribusi dan RSU," tuturnya. (Mgg/cn07)